Lihat ke Halaman Asli

Konspirasi Hubungan Antara Anime Slam Dunk dan NBA: Benarkah Chicago Bulls Menginspirasi Anime Slam Dunk?

Diperbarui: 19 Juli 2024   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Penggemar anime sejati pasti tak asing dengan anime genre olahraga yang sangat populer ini. Yap, Slam Dunk. Sebagai salah satu anime paling legendaris, Slam Dunk layak diberi predikat jajaran anime terbaik sepanjang masa. Bahkan hingga saat ini, masih banyak penggemar yang setia mengidolakan sang tokoh utama, Hanamichi Sakuragi.

Slam Dunk pertama kali dirilis pada tahun 1993. Diadaptasi dari manga populer berjudul sama karya Takehiko Inoue yang dirilis pada tahun 1990. Slam Dunk secara garis besar menceritakan perjalanan Shohoku dalam sebuah turnamen basket. Tentu saja, banyak karakter yang digambarkan oleh penulis sebagai tim Shohoku atau bahkan tim lawan mereka.

Kisah ini berawal dari Hanamichi Sakuragi yang bergabung dengan tim basket SMA Shohoku atas anjuran dari gadis idamannya, Haruko Akagi. Di tim basket tersebut ia bertemu dengan anak-anak lain seperti Kaede Rukawa, Hisashi Mitsui, Ryota Miyagi, Takenori Akagi, dan masih banyak lagi. Dalam penciptaan karakter, sang penulis pasti tak lepas dari inspirasi pemain basket di dunia nyata, khususnya pemain NBA. Meskipun tidak ada pernyataan resmi dari Inoue terkait asumsi ini, penonton tetap bertanya-tanya, benarkah Slam Dunk mengambil inspirasi dari tim basket Amerika NBA yaitu Chicago Bulls?

Mungkin bagi penonton yang sadar dan memperhatikan, seragam dari tim basket Shohoku sangat mirip dengan seragam tim basket Chicago Bulls. Warna merah dengan garis putih yang identik, dipadu dengan tulisan hitam legam yang sangat menggambarkan seragam tim Chicago Bulls. Namun, tak hanya itu, terdapat beberapa pemain tim Shohoku yang dinilai mirip dengan para pemain bintang NBA.

Takenori Akagi dinilai mirip dengan Patrick Ewing, sang legenda New York Knicks dari segi permainan dan fisik. Akagi bermain dengan mengandalkan tubuh kekarnya dalam menyerang dan bertahan, sama seperti Ewing di era jayanya bersama Knicks. Selain itu, terdapat juga kemiripan antara Ryouta Miyagi dengan legenda Phoenix Suns, Kevin Johnson. Keduanya memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi, cepat, dan kemampuan dribble yang juga elegan sebagai point guard.

 Terakhir, sang tokoh utama dari Slam Dunk yaitu Hanamichi Sakuragi. Dalam cerita awalnya, Sakuragi tidak mengenal apa itu olahraga basket. Namun, ia memiliki fisik yang bagus dan bakat alami yang dilatih terus menerus hingga ia dapat menembak serta melakukan rebound. Sakuragi digadang-gadang mirip dengan sosok Dennis Rodman. Ia berperan penting dalam era kejayaan Chicago Bulls sebagai pemain bertahan dan rebounder terbaik dalam tim. Selain itu, dalam anime diceritakan bahwa Sakuragi merupakan pemain yang sering menjadi pengacau di lapangan. Ia terkadang membuat pemain lawan tersulut dan membuat pelanggaran. Sama halnya dengan Rodman, ia juga memiliki kelakuan yang mirip dengan Sakuragi di dunia nyata sebagai pengacau lapangan.

Perbandingan-perbandingan ini hanya berasal dari asumsi penggemar di beberapa forum Slam Dunk. Mengenai kebenarannya, hanya Takehiko Inoue yang tahu. Namun, dari sini kita bisa menilai bahwa Slam Dunk bukan hanya sekedar anime olahraga biasa, tetapi sangat nyata dan dekat dengan kehidupan basket sesungguhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline