Lihat ke Halaman Asli

INDAH LUTVIANDA

Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM)

Memperkuat Keragaman Bisnis Digital melalui Inovasi Teknologi saat Pandemi Covid-19

Diperbarui: 25 November 2022   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pemberdayaan dunia usaha di tengah pandemi Covid-19 merupakan upaya untuk meningkatkan dan membangun kapasitas masyarakat dengan mengadopsi inovasi teknologi berupa media sosial dan media massa untuk perencanaan bisnis di masa pandemi Covid-19. Inovasi teknologi era ini Dunia digital ini penuh dengan platform yang berbeda untuk penjualan produk atau layanan online yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda untuk pionir atau pemula agar sesuai dengan produk atau layanan yang mereka luncurkan permintaan dan kebutuhan masyarakat untuk menjual dan mempromosikan Di dalam dunia lingkungan sosial selama pandemi covid-19. Tentunya kehidupan dan kebutuhan masyarakat di era inovasi teknologi digital saat ini sangat berbeda dengan era sebelumnya ketika belum ada dunia teknologi di lingkungan sosial.

Bisnis Digital (Digital Business) merupakan salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan industri untuk mengembangkan revolusi modern, dengan mengedepankan tatanan nilai budaya dan etika sosial dalam berbisnis. di media daring.

Saat kondisi pandemi Covid-19 telah berdampak serius pada berbagai sektor, terutama jual beli masyarakat yang beralih dari mencari dan mengunjungi pasar menjadi jual beli online platform media, dimana mereka hanya mencari produk yang diinginkan dan harus memilih tanpa; berbelanja di pasar. Efek lainnya adalah turunnya daya beli masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Pelopor Bisnis dapat melihat dan menerapkan strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan dan meningkatkan keragaman bisnis di era digital saat membangun bisnis online di masa pandemi ini sebagai berikut:

1.  Jelajahi teknik bisnis lainnya menggunakan teknologi pemasaran digital

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya mencari, meneliti, dan mempelajari ide bisnis yang memungkinkan dan mencari tahu teknik perencanaan pemasaran produk apa yang dianjurkan. Serta online di pasar atau platform penjualan lainnya yang memudahkan akses bagi masyarakat sosial.

2. Presentasi produk atau jasa yang akan dijual

Dalam berwirausaha, presentasi produk merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis. Dengan menunjukkan dan mempromosikan barang dari orang ke orang, itu menciptakan peluang bagi bisnis yang sudah mapan untuk mendapatkan eksposur di komunitas sosial. Produk dapat dipromosikan dengan memposting produk di platform belanja online seperti:  Bukalapak, Shope, Ladaza, Instagram dll. Anda bahkan bisa dropship (langsung) di platform belanja online yang menawarkan dropshipping.

3.  Penetapan harga dan standar kompetitif yang dapat dipasarkan

4. Selalu update website e-commerce

Dalam berwirausaha, sangat penting untuk memperbaharui kapasitas produk yang ditampilkan pada platform belanja online. Memperbarui ketersediaan barang memudahkan dan menghindari kesalahan pengiriman dan pertanyaan dari pembeli tentang barang yang dicari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline