Lihat ke Halaman Asli

Indah

Mahasiswa

Manfaat Media Sosial sebagai Wadah Dakwah di Era Milenial

Diperbarui: 3 Juni 2023   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Media sosial merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk bersosialisasi terhadap satu sama lain yang dilakukan secara online. Media sosial ini memiliki bentuk yang sangat beragam dan juga sangat mudah untuk diakses. Dengan kemudahan ini media sosial dapat dimanfaat dengan sangat baik untuk melakukan hal -- hal yang memberikan dampak positif kepada sesama. Disini saya akan membahas tentang manfaat media sosial terutama sebagai wadah penyalur dakwah di era milenial ini..

Minat dari generasi milenial sekarang ini sudah sangat menurun terhadap acara acara keagamaan seperti menghadiri ceramah di suatu tempat. Tetapi masalah tersebut dapat teratasi lewat munculnya media sosial. Saat ini sudah mulai banyak dakwah-dakwah tentang agama islam yang disebarkan lewat media sosial. Dakwah yang disebarkan melalui trend-trend yang sedang popler akan lebih banyak menarik minat generasi sekarang.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dari kemudahan mengakses media sosial :

  • Dapat digunakan sebagai alat komunikasi

  • Dapat digunakan sebagai sarana sosialisasi

  • Dapat digunakan sebagai wadah penyaluran ekspresi diri

  • Dapat digunakan sebagai wadah penyebar informasi

Sebagai alat komunikasi

Media sosial dapat kita buat sebagai alat komunikasi contohnya whatsapp dan line. Lewat media sosial terebut kita bisa saling terhubung satu sama lain, alasan terhalang jarak sekarang sudah tidak berlaku lagi. kita bisa seling berbagi kabar lewat chat, talfon, bahkan video call.

Sebagai sarana sosialisasi

Media sosial sebagai sarana sosialisasi, didalam media sosial seperti instagram ini mampu diakses oleh semua kalangan dan mereka bisa saling terhubung. Melalui media sosial ini kita bisa saling berkenalan dengan orang baru, bahkan orang-orang yang berasal dari daerah berbeda maupun dari profesi yang berbeda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline