Lihat ke Halaman Asli

Inda Chakim

Adalah Seorang Ibu Rumah Tangga sekaligus Guru, Penulis Lepas, dan Pegiat Literasi

Memilih Teknik Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar

Diperbarui: 7 Oktober 2017   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sekolah dasar memiliki pengaruh kuat terhadap masa depan siswa. Dalam tahapan ini aktifitas otak anak mulai perekaman memory otaknya ibarat foto copy. Maka dari itu, baik atau buruk masa depan generasi penerus bangsa mendatang, dapat diukur dengan melihat seperti apa lulusan-lulusan sekolah dasar. Sebab disinilah fondasi masa depan anak dibangun. Dan di jenjang pendidikan formal inilah masa yang tepat untuk membangun fondasi tersebut.

Apabila dilihat dari masa tempuh sekolah dasar, yakni 6 tahun. Maka ini merupakan tempat yang tepat untuk menumbuhkan benih-benih karakter positif pada anak. Mengingat untuk menumbuhkan karakter anak memerlukan waktu yang tidak sebentar, konsisten, dan  melibatkan semua civitas akademik serta orangtua. Sementara di jenjang pendidikan formal yang lain seperti SMP dan SMA, hanya memerlukan waktu 3 tahun.


Bukan hanya soal menumbuhkan karakter positif saja. Perkembangan kognitif juga dapat dimaksimalkan pada masa ini. Hal ini dilihat dari perkembangan otak anak yang pada masa ini dapat berkembang secara signifikan. Di sinilah short time memory otak dapat berubah jadi long time memory dengan begitu cepat. Maka dari itu, penting untuk memberikan kesan yang baik serta menyediakan lingkungan sekolah yang baik nan kondusif sebagai tempat mereka berkembang. 

Oleh karenanya kesan galak atau menakutkan saat guru mengajarkan pelajaran apapun harus dirubah dan dihindarkan. Sebab ini berpotensi membuat anak, nantinya, tidak menyukai bahkan membenci pelajaran tersebut. Berikan contoh yang baik. Sebab mereka diam-diam memperhatikan, mengamati, mulai membangun persepsi kemudian meniru,  dan mencobanya hingga lama-lama menjadi terbiasa. Kebiasaan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Hebb, Pakar Neorulogis. 

Bahwa stimulus yang diberikan pada masa kanak-kanak, yang menurut WHO berlangsung sejak usia 0 - 17 tahun, akan berpengaruh terhadap kecerdasan mereka di masa depan. Baik kecerdasan berupa kognitif maupun kecerdasan karakter. Maka dapat dikatakan bahwa, pendidikan formal sekolah dasar ini adalah masa yang tepat untuk menstimulus serta meningkatkan kemampuan siswa.

Salah satu unsur penting dalam pendidikan di sekolah dasar adalah interaksi antara guru dan siswa atau disebut dengan pembelajaran. Oleh sebab itu, hendaklah guru, sebagai ujung tombak atau yang terlibat langsung, memikirkan betul soal teknik pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah dasar.  Apakah teknik pembelajaran tersebut efektif atau tidak efektif ?.

Efektif, menurut kbbi, berarti ada efeknya, berhasil atau mencapai tujuan. Maka teknik pembelajaran yang efektif adalah  teknik pembelajaran yang dapat mengantarkan tercapainya suatu tujuan. Dalam hal ini adalah tujuan pendidikan nasional yang tertera dalam Undang-Undang RI tahun 2003 pasal 3. Yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara demokratis yang bertanggung jawab.

Pembelajaran dapat berlangsung dengan baik apabila para siswa paham dengan apa yang tengah disampaikan maupun diajarkan oleh guru. Maka untuk menentukan teknik pembelajaran yang efektif harus didasarkan atau disesuaikan dengan para siswa.

Pada umumnya, guru menganggap bahwa akan terasa sulit jika teknik pembelajaran mengikuti siswa. Mengingat kemampuan serta gaya belajar mereka begitu beragam. Namun jika itu untuk kebaikan para siswa dan tercapainya tujuan pendidikan nasional, mengapa tidak ?.

Memang setiap anak itu unik. Mereka memiliki kemampuan, dan gaya belajar masing-masing. Akan tetapi mereka dalam fase perkembangan yang sama. Fakta ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan siswa.

Pertama yaitu dilihat dari perkembangan kognitif anak sekolah dasar. Piaget membagi perkembangan kognitif anak dalam beberapa tahapan. Dimulai dari sensorimotor stage (dari lahir sampai dua tahun). Preoperational Thinking (sekitar dua sampai tujuh tahun). Concrete operations (sekitar tujuh sampai sebelas atau dua belas tahun). Dan Formal operations (sekitar 11 atau 12 tahun sampai 14 atau 15 tahun).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline