Lihat ke Halaman Asli

Inaz Nugroho

Mahasiswi Hukum di Universitas Diponegoro

Menjamurnya Platform Edukasi Bite Size, Apa Saja Manfaatnya?

Diperbarui: 10 Juni 2024   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: unsplash

Sudah membuka sosial media hari ini? Sudah berapa lama membuka ponsel pintar hari ini? Untuk menjadi manusia produktif di era digital, memiliki kehidupan dalam dunia maya sudah seperti kewajiban umum yang harus dipenuhi. 

Gaya hidup masyarakat saat ini sulit dipisahkan dari dunia maya. Dunia maya yang menghilangkan batas-batas lokasi meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi yang ada. Selama terdapat jaringan internet, siapapun mampu mengakses konten dan informasi dalam dunia maya yang luas. 

Cepatnya guliran informasi dalam dunia maya menginspirasi banyak pihak untuk memanfaatkan kelebihan ini sebagai sarana berbagi. Salah satu contohnya adalah dengan menjamurnya platform edukasi yang menyajikan berbagai informasi dalam bidang tertentu kepada masyarakat melalui jaringan internet. 

Platform ini hadir dalam berbagai bentuk, ada yang memanfaatkan infografis, ada yang berbentuk esai, karya tulis ilmiah yang didesain secara menarik untuk sosial media, dan konten kreatif lainnya. Berbagai macam jenis dan bentuk platform berlomba-lomba diciptakan sebagai opsi edukasi masyarakat dunia maya.

Salah satu bentuk penyampaian edukasi yang sering kita jumpai adalah bite-sized learning, dan saat ini banyak digunakan dalam platform edukasi. Sebenarnya apa itu bite-sized learning

Bite-sized learning atau sering dikenal sebagai microlearning merupakan metode pembelajaran yang memecah informasi menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dipahami. 

Sesuai namanya, modul materi yang diberikan kepada siswa dibuat sedemikian rupa hingga berbentuk sesi-sesi pendek agar dapat menjadi "potongan-potongan seukuran gigitan" yang mudah dicerna oleh pemikiran siswa. 

Apabila terdapat jenis pembelajaran yang mengharuskan siswa mengikuti sesi belajar yang panjang, maka bite-sized learning justru memecah sesi ini menjadi banyak sesi dalam waktu pendek untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan fokus. Modul pembelajaran dari bite-sized learning berkisar dari 1 menit hingga 15 menit, dan hadir dalam berbagai bentuk seperti potongan teks, video, podcast, audio text, dan lain-lain. 

Bite-sized learning sering diibaratkan sebagai potongan makanan sekali suap seperti nugget ayam mungil atau potongan apel seukuran mulut. Sama seperti pengibaratannya, goal utama bite-sized learning adalah menyampaikan edukasi dengan cara bertahap dan komprehensif. 

Sumber: Unsplash

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline