Lihat ke Halaman Asli

Rilis Pers PjBL (Project Based Learning) Pondok Pesantren Al-Masykuriyah

Diperbarui: 10 Juni 2024   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Juni 2024, Kelompok 3 Program Studi Kesehatan Masyarakat UNUSA melakukan kegiatan PjBL (Project Based Learning) dengan tema 'GALAKSI URSA (Gerakan Perilaku Santri Hidup Bersih dan Sehat)' di Pondok Pesantren Al Masykuriyah Surabaya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari mata kuliah sanitasi pesantren dan perilaku kesehatan santri, berharap dari mahasiswa dapat melakukan intervensi terkait kesehatan masyarakat di pondok pesantren yang inovatif. Kegiatan ini juga perwujudan dari "Tri Dharma" perguruan tinggi yang terdiri dari aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi.

Perencanaan, perizinan dan observasi ke pihak pondok pesantren telah dilakukan sejak tahun 2023. Setelah memperoleh respon yang positif kelompok 3 PjBL memulai aktivitasnya pada awal Oktober 2023, dengan melakukan perizinan pelaksanaan program GALAKSI URSA dan serangkaian tahapan kegiatan. Selanjutnya pada tanggal 24 November 2023 kami melakukan pengisian data siskestren dan observasi STTU. 

Siskestren adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan dalam proses pencatatan dan pelaporan survei mawas diri di lingkungan pondok pesantren untuk upaya mendeteksi resiko kesehatan secara dini. Kuesioner siskestren telah diisi oleh sekitar 30 santri yang bermukim.

Setelah melakukan perizinan dan observasi kegiatan selanjutnya adalah FGD (Forum Group Discussion). FGD adalah kegiatan diskusi bersama pihak pondok pesantren terkait rencana program dan membahas permasalahan yang ada di pondok pesantren dengan melibatkan pengurus dan santri. Kegiatan FGD kelompok kami dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2024, diskusi berjalan dengan lancar dan baik pengurus dan santri memberikan respon yang baik.

Dokumentasi pribadi 

Dokumentasi pribadi

Berbagai data dan fakta yang ditemukan dari hasil analisis situasi kami melaksanakan intervensi yang pertama berupa edukasi pengolahan sampah dan edukasi skabies yang dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2024 dengan harapan para santri memahami dan mengetahui bagaimana cara pengolahan sampah yang baik dan pengetahuan terkait skabies. 

Untuk intervensi kedua dilakukan program pembuatan tempat sampah yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2024. Sebelum itu kami sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat tempat sampah dengan harapan meningkatnya jumlah tempat sampah agar tidak terjadi penimbunan. Setelah intervensi pertama dan kedua berjalan dengan lancar. Pada tanggal 1 Juni 2024 kami melaksanakan ro'an akbar, dengan harapan terjaganya kebersihan lingkungan pondok pesantren.

Sebelum dilaksanakan kegiatan ro'an kami melakukan penandatanganan policy brief dan penyerahan poster serta stiker kepada pondok pesantren Al Masykuriyah. Pondok pesantren Al Masykuriyah sangat menyambut baik segala upaya untuk mewujudkan program kami. 

"Kami sangat berterima kasih atas apa yang sudah dilakukan oleh kelompok 3 Prodi Kesehatan Masyarakat UNUSA untuk membantu pesantren kami menjadi lebih baik. Semoga untuk kedepannya dapat bermanfaat bagi seluruh warga pondok pesantren." Tutur Halimatus Sa'diah selaku pengurus banat Pondok Pesantren Al Masykuriyah.

Dokumentasi pribadi 

Dokumentasi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline