Lihat ke Halaman Asli

Inas Sajidah

Mahasiswi

Model Pembelajaran dalam Kurikulum

Diperbarui: 10 Juli 2024   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Model pembelajaran merupakan salah satu aspek penelitian ini yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk meningkatkan proses belajarnya. Kerangka yang mendefinisikan mekanisme pembelajaran disebut model pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah metode apa pun untuk memperoleh keterampilan atau pengetahuan baru. Model-model ini selanjutnya dikategorikan ke dalam gaya belajar yang berbeda. 

Kurikulum mandiri adalah kurikulum yang dirancang untuk membantu guru dan satuan pendidikan memfasilitasi pemulihan pembelajaran akibat situasi pandemi yang terjadi di negara kita beberapa tahun terakhir. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, ada dua poin penting dalam dunia pendidikan: kebebasan belajar dan motivasi guru. Kebebasan belajar berarti guru dan siswa sama-sama mempunyai kebebasan untuk berinovasi, belajar mandiri dan kreatif. Tujuan belajar mandiri adalah agar guru dan siswa dapat menciptakan suasana nyaman dalam proses kegiatan belajar mengajar. Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang bermanfaat dan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

 

Model Pembelajaran Blended Learning  

Blended learning adalah pembelajaran yang menggabungkan atau menggabungkan berbagai teknologi berbasis web untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan oleh Driscoll (2002). Penerapan sistem pembelajaran ini terdiri dari kombinasi kegiatan pembelajaran tatap muka, pembelajaran tradisional seperti ceramah, penugasan, tanya jawab, demonstrasi, dan pembelajaran online dengan menggunakan banyak media, yang menunjang keberhasilan sistem belajar-mengajar.

Empat Konsep Model Blended Learning 

  • Blended learning adalah pembelajaran yang menggabungkan atau menggabungkan berbagai teknologi berbasis web untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  •  Blended learning adalah perpaduan berbagai pendekatan pembelajaran (behaviorisme, konstruktivisme, kognitivisme, dan lain-lain) untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang optimal dengan atau tanpa teknologi pembelajaran.
  • Blended learning juga menggabungkan berbagai bentuk teknologi pembelajaran (kaset video, CD-ROM, pelatihan berbasis web, film, dan lain-lain) dengan pembelajaran tatap muka.
  • Pembelajaran campuran menggabungkan teknologi pembelajaran dengan tugas kerja dunia nyata untuk memberikan dampak positif pada pembelajaran dan tugas.

 

Flipped Classroom

Flipped Classroom merupakan model pembelajaran dimana siswa terlebih dahulu belajar di rumah dengan menggunakan tugas yang diberikan oleh guru sebelum belajar di kelas. Model pembelajaran flipped classroom menggunakan tiga kegiatan pembelajaran yaitu sebelum pembelajaran dimulai (pra kelas), pada awal pembelajaran (di dalam kelas), dan setelah pembelajaran (di luar kelas). Sebelum kelas dimulai (pra kelas), siswa mempelajari materi yang akan dibahasnya. Oleh karena itu, siswa diharapkan dapat mengingat dan memahami isinya. Kegiatan di dalam kelas memungkinkan siswa untuk menerapkan dan menganalisis materi yang telah mereka baca dan pelajari melalui berbagai kegiatan interaktif di dalam kelas. Langkah terakhir setelah kelas (di luar kelas) adalah menilai (evaluate) dan menyelesaikan tugas berbasis proyek tertentu sebagai kegiatan pasca kelas (membuat).

 

Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline