DISUSUN OLEH :
DESI KUMALASARI
INAS MUTHI FEBBANI
MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SULTAN AGUNG
Drs. OSMAD MUTHAHER, M.Si
DOSEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG
PT Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan perusahaan yang mempunyai posisi market share yang sangat bagus dikalangan masyarakat. Berada di posisi market leader tak membuat perusahaan ini jadi lengah dan merasa tak tertandingi . Jika lengah dalam berinovasi, jangan salahkan apabila banyak pesaing yang siap merebut market share tersebut. Seperti yang kita ketahui, perusahaan yang bergerak di bidang makanan mie instan ini penjualannya mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. terus menerus meluncurkan berbagai varian rasa mie instan yang rasanya pas dengan selera masyarakat. Selain dari inovasi penciptaan berbagai rasa mie instan, indomie juga dicintai karena harganya yang terjangkau di kalangan masyarakat.
Munculnya pendatang baru produsen mie instan yaitu PT Sayap Mas Utama dengan produknya berupa Mie Sedap cukup mengkhawatirkan. Berbagai pakar pemasaran mengingatkan kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk untuk lebih waspada, karena walaupun tidak seagresif Mie Sedap, ada beberapa produk mie instan yang juga patut diperhatikan. Perusahaan-perusahaan mie instan tersebut juga masuk dalam bisnis mie dengan cara mencuri perhatian konsumen dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini. Mereka masuk dengan cara mengincar segmen khusus seperti segmen religius yaitu dari Unilever membidik pasar remaja menengah atas. Sedangkan segmen untuk mie sedap menengah ke bawah. Hal inilah yang terjadi bahwa market share di dalam dunia perbisnisan sangatlah membuat para perusahaan yang bersaing khawatir dan waspada. PT Indofood Sukses Makmur Tbk segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan iklan terlampir untuk menandingi harga dan popularitas mie sedap yang sedang melejit. Selain itu juga meluncurkan merek tandingan mie sayap dan mengubah supermie sedap dan sarimi besar untuk membuat nama merek “sedap” seolah-olah tenggelam. Meski demikian PT Indofood Sukses Makmur Tbk. masih menguasai pasar . Dominasinya begitu kuat walaupun sudah terjadi pergeseran .