Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Beri Edukasi dan Pendampingan Digitalisasi Pembukuan

Diperbarui: 12 Agustus 2022   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Sadeng, Kota Semarang (07/08/2022) -- Masalah penting yang sering kali ditemukan pada UMKM di Indonesia adalah masalah keuangan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemilik UMKM dalam mengelola dan membukukan keuangan usaha, sehingga pemasukan dan pengeluaran keuangan tidak tercatat dengan jelas dan rapi. Membuat pencatatan dengan format yang tepat merupakan sebuah langkah yang harus dilakukan oleh pemilik usaha UMKM. Dengan tidak menerapkan sistem pencatatan keuangan yang tepat, maka akan terjadi hal-hal yang akan menyusahkan pemilik UMKM dalam mengelola keuangan usahanya.. Berangkat dari hal tersebut, melakukan digitalisasi pembukuan dibantu oleh aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah merupakan sebuah solusi yang tepat dari masalah pembukuan yang dihadapi oleh pemilik usaha UMKM.

dokpri 


Sebagai upaya meningkatkan kesadaran serta memberikan pengetahuan akan teknologi, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan edukasi serta pendampingan akan pentingnya digitalisasi pembukuan bagi UMKM pada Ibu-Ibu PKK RT 05 Krajan Kelurahan Sadeng. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini yaitu mengenai mengapa penting untuk melakukan pembukuan, manfaat yang akan didapatkan jika melakukan pembukuan, dasar pembukuan untuk UMKM, teknik dan format pembukuan, serta aplikasi apa saja yang dapat membantu untuk mempermudah pembukuan pada UMKM.

dokpri 

Kegiatan dilakukan pada pertemuan PKK yang dilaksanakan pada RT 05 Desa Krajan Kelurahan Sadeng. Mahasiswa memberikan edukasi dengan memaparkan materi dan dibantu oleh media video, powerpoint, dan leaflet untuk mempermudah dalam penyampaian materi dan mempermudah audiens dalam memahami dan menerapkan materi yang telah disampaikan oleh mahasiswa. Dengan dilakukannya kegiatan edukasi digitalisasi pembukuan UMKM berharap agar ilmu yang disampaikan dapat di implementasikan dalam usaha UMKM masyarakat Sadeng dan dilakukan secara berkelanjutan, serta dapat mempermudah mencatat pendapatan dan pengeluaran sehari -- hari dalam kegiatan usaha UMKM.

Nama : Inasha Qaira Putri R - Fakultas Ekonomika & Bisnis

DPL : Ir. Hermin Werdiningsih, MT.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline