Ya, sebagai penulis amatir terkadang saya lupa, tema atau judul apa saja yang sudah saya tulis. Sesungguhnya banyak hal/ide yang berpendar dan melayang-layang dalam benak untuk dituangkan dalam tulisan, tetapi karena waktu dan keadaan pada akhirnya ide yang melayang-layang dalam pikiran tadi malah hilang entah kemana tertiup dan tertutup dengan padatnya pekerjaan yang harus pula segera diselesaikan.
Ini sekedar catatan buat diri saya sendiri, sebuah auto kritik, sebuah refleksi yang saya peroleh setelah bercermin. Bagaimana agar saya bisa mengalokasikan sedikit waktu dan kesempatan untuk menulis sampai selesai dan/atau menyimpan ide yang belum tertulis agar tetap ada dan tersimpan rapi dalam memori sehingga ketika suatu saat ada kesempatan, tinggal mengunduh data yang tersimpan dalam memori.
Sesungguhnya saya mempunyai cukup banyak bahan untuk saya tuliskan, terkait aktifitas yang saya sukai seperti misalnya traveling tipis-tipis di kota-kota sekitar atau bahkan dalam kota sendiri. Atau aktifitas dari pekerjaan yang di dalamnya banyak sekali romantika, dinamika hubungan antara bos dengan anak buah, juga hubungan antar teman kerja.
Beberapa hal yang akan saya lakukan untuk menjaga ide dan materi yang ada akan tetap tersimpan rapi dan selalu siap untuk dilakukan finishing/dituangkan dalam tulisan jika waktu dan kesempatan memungkinkan adalah :
1. Buat buku catatan
Mencatat dalam buku kecil setiap aktifitas menarik yang dilakukan dengan minimal infomasi yang nanti bakal dikembangkan adalah 5W+1 H, yaitu tentang who, what, when, where, why dan how terkait aktifitas tersebut. Tentu hanya poin-poinnya saja dituliskan, untuk nanti bisa dikembangkan dalam kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf dan selesai dalam sebuah tulisan. Sebab jika hanya tersimpan dalam otak/pikiran, meskipun tadinya sudah jelas tergambar, lama-lama dengan banyaknya aktifitas dan pemikiran baru jadi tertutup sampai terlupakan, apa yang harus ditulis atau diceritakan dalam tulisan.
2. Buat folder foto
Dokumen berupa foto juga penting untuk diarsipkan secara baik agar pada saat menulis tidak lagi mencari-cari file yang terkadang membutuhkan waktu terlalu lama. Bahkan sering terjadi pada diri saya karena pertama kali ketika mau nulis muncul tanda + insert image, malah terlalu lama memikirkan image/gambar mana yang cocok untuk isi tulisan yang baru akan ditulis. Terlalu lama mencari gambar baik itu browsing dulu, maupun mencari file milik pribadi yang telah tersimpan dalam laptop. Alhasil waktu habis hanya untuk mencari gambar yang sesuai dan ketika sudah ketemu mood menulis terkadang sudah berkurang. Payah memang diri ini hehe... Oleh karena itu penting menyiapkan bahan dokumentasi/gambar dari awal, sesaat setelah kita beraktifitas dan terpikir, "ini kayaknya menarik buat ditampilakn sebagai pelengkap tulisan"
3. Bikin target pribadi
Kalau ASN harus membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di awal tahun dan harus diinput realisasinya setiap bulan, sudah saatnya sepertinya saya bikin SKP (Sasaran Kinerja Penulisan), berapa tulisan yang harus saya hasilkan dalam setahun dan tentu saja harus dilakukan monitoring dan evaluasi sendiri, sudah berapa tercapai, sesuai target atau tidak, dst.
4. Bikin penghargaan buat diri sendiri