Lihat ke Halaman Asli

Ina Purmini

ibu rumah tangga, bekerja sebagai pns

Pantai Balekambang nan Eksotis

Diperbarui: 26 Februari 2019   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dok. pribadi)

Keindahan alam Indonesia memang tak pernah habis untuk dijelajahi, dari Sabang sampai Merauke bertebaran pemandangan alam nan indah memanjakan mata, salah satunya adalah keindahan pantai Balekambang di Malang tepatnya di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang.

Lokasi pantai Balekambang ini memang agak jauh dari pusat kota Malang. Namun dengan prasarana jalan beraspal mulus walaupun ada beberapa bagian jalan yang menyempit dan agak jelek, perjalanan yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 1 jam ke arah Selatan ini tidaklah membosankan. Pemandangan hijau segar, sawah, pepohonan, jalan berliku, tanjakan dan turunan membuat perjalanan tak terasa sudah sampai di lokasi.

Masuk di lokasi pantai, mata langsung disuguhi pasir putih dan pantai biru dengan ombak yang berdebur seolah mengajak untuk segera 'nyemplung' bercanda dengan sang ombak dan pasir putih.

Selain bermain pasir dan ombak, di pantai Balekambang juga terdapat pulau dengan Pura di tengahnya, yaitu Pulau Ismoyo dengan Pura Amarta Jati. Untuk bisa mencapai pulau tersebut, terdapat jembatan dari bibir pantai sampai ke pulau. Nuansa yang demikian mengingatkan kita dengan eksotisme pulau Bali dengan Tanah Lotnya. Oleh karena itu Pantai Balekambang sering oula dijuluki dengan Balinya Malang.

Masih di kawasan pantai Balekambang, ada pula pantai dengan sebuah pulau yang tak kalah menarik yaitu JPTS Beach atau pantai Jembatan Panjang Tanjung Sirap dengan pulau Hanomannya yang masih alami. Untuk mencapai pantai dan pulau Hanoman kita harus berjalan menyusuri pantai dan lagi-lagi menyebrangi jembatan yang telah dibangun untuk menuju pulau Hanoman. 

(dok. pribadi)

Di pulau Hanoman sudah dibuatkan jalur tracking mengelilingi pulau, sehingga kita bisa melihat laut lepas berwarna biru, gugusan pulau-pulau lain di sekitar pulau Hanoman, tepi pantai dengan airnya yang berwarna hijau, juga pepohonan/hutan yang ada di pulau Hanoman sendiri. Hanya diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengelilingi pulau Hanoman, kita akan kembali ke tempat semula dimana kita menginjakkan kaki pertama kali di pulau Hanoman. 

(dok. pribadi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline