Lihat ke Halaman Asli

Inamul Wafi

Mahasiswa S1 Teknologi pendidikan

Perbandingan Generasi dan Implikasinya terhadap Desain Instruksional

Diperbarui: 19 Desember 2023   01:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Seiring berjalannya waktu, manusia telah menyaksikan transformasi yang luar biasa dalam segala aspek kehidupan. Salah satu cara untuk memahami evolusi tersebut adalah melalui lensa konsep "generasi." Generasi tidak hanya mencerminkan perbedaan usia, tetapi juga mencerminkan perubahan budaya, teknologi, dan pandangan hidup yang membentuk kelompok manusia pada suatu periode waktu tertentu.

Generasi manusia memiliki peran sentral dalam membentuk sejarah dan mengarahkan arus perubahan di berbagai lapisan masyarakat. Dari generasi ke generasi, kita dapat mengidentifikasi pola-pola unik yang mencerminkan tantangan, pencapaian, dan perubahan nilai-nilai yang diwariskan dari satu kelompok ke kelompok berikutnya.

Pentingnya pemahaman terhadap generasi tidak hanya terletak pada pengenalan perbedaan karakteristik antara setiap kelompok usia, tetapi juga pada pengenalan dampaknya terhadap perkembangan Pendidikan, sosial, ekonomi, dan politik. Apakah kita berbicara tentang "Baby Boomers" yang tumbuh dalam era pasca-Perang Dunia II, "Generasi X" yang menyaksikan kemajuan teknologi komputer, atau "Milennials" yang terbiasa dengan dunia yang terus terhubung secara digital, setiap generasi menunjukkan ciri khasnya sendiri.

1. Generational Analysis

Generasi Baby Boomers

Generasi ini lahir sekitar tahun 1946 sampai 1960an. bisa dibilang generasi ini lahir setelah perang dunia kedua. Setelah perang dunia kedua angka kelahiran di dunia melonjak pesat yang disebut ledakan bayi atau Baby Boom yang mengawali penamaan generasi ini menjadi baby boomers. tentunya generasi baby boomers ini memiliki karakteristik  yang berbeda dengan generasi sebelumnya. generasi baby boomers ini memiliki sikap yang kompetitif serta dapat melihat peluang dengan mudah di setiap kesempatan. generasi baby boomers ini bisa dibilang adaptif terhadap kemajuan teknologi walaupun pada era generasi ini teknologi belum berkembang sehingga memiliki literasi digital yang kurang baik. menurut penelitian CNN, generasi baby boomers lebih banyak mencari informasi mengenai kesehatan di Internet. hal ini juga disebabkan oleh faktor media social yang belum terlalu banyak kemunculan nya.

Generasi X

Generasi X ini lahir pada 1960-1980. Generasi X penerus atau bisa dibilang keturunan dari generasi sebelumnya yaitu generasi baby boomers. Karena Generasi X dibesarkan oleh generasi baby boomers generasi X diberi julukan generasi yang sering merasa kesepian karena orang tua yang bekerja sehingga dari sinilah membentuk karakter mereka yang mandiri.

Hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan yang pada saat itu banyak terjadi krisis ekonomi sehingga mereka dituntut untuk memiliki sikap yang disiplin, pekerja keras, serta pintar mencari peluang sehingga membentuk pola pikir yang kreatif. Pada era generasi X adalah awalan dari penggunaan teknologi yang muncul seperti PC, Tv Kabel, Internet generasi x ini juga mengembangkan teknologi yang akan digunakan pada anak cucu mereka yakni generasi Y dan Z.

Generasi Y

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline