Lihat ke Halaman Asli

KKN UNS Covid-19, Menghadapi Tatanan Hidup Baru dalam Mencegah Penyebaran Virus Covid-19

Diperbarui: 15 Oktober 2024   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Surakarta- Pandemi Virus Covid-19 membatasi ruang gerak masyarakat dalam beraktivitas. Di era tatanan hidup baru atau new normal masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru yang sesuai dnegan protokol kesehatan. Oleh karena itu dalam proses adaptasi diperlukannya pemahaman, kesadaran, dan kerjasama dari tiap-tiap lapisan masyarakat untuk melawan dan melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengambil sikap dengan mewadahi mahasiswa untuk melakukan pengabdian langsung kepada masyarakat demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan membantu masyarakat menghadapi tatanan hidup baru atau new normal. KKN Covid-19 UNS dilaksanakan dalam tiga tahapan dari batch I sampai batch III. Demi mengikuti protokol kesehatan dari Pemerintah, KKN Covid-19 UNS dilakukan secara mandiri di domisili masing-masing dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Mahasiswi program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan salah satu peserta KKN Covid-19 UNS batch III dalam kelompok 19 dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Sri Yamitnah M.Pd mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19". KKN tersebut dilaksanakan di Jl kabut RT 01 RW 023 Panggung Rejo, Jebres, surakarta. Dari tema KKN yang dipilih, dijabarkan kembali menjadi beberapa program kerja diantaranya pembuatan konten edukatif, pembuatan stater pack new normal, dan pembuatan vertikal garden.

Program kerja pembuatan konten edukatif, publikaasi dilakukan melalui media sosial mencakup beberapa pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), cara mencegah penyebaran virus Covid-19, cara beradaptasi di tatanan hidup baru (new normal), dan berbagai tips pencegahan stress dan lain sebagainya. Program kerja pembuatan stater pack new normal berupa edukasi cara pembuatan disenfektan, hand wash, dan hand sanitizer. Pengajaran tata cara pembuatan hand wash, hand sanitizer  dan disenfektan diharapkan agar masyarakat setempat mampu membuat secara langsung dan membawa stater pack new normal ketika akan meninggalkan rumah. Program kerja cara pembuatan vertikal garden dengan menggunakan tanaman biji sawi. Hal ini diharapkan agar masyarakat tetap menjaga ketahanan pangan di era pandemi saat ini.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama KKN ini mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Diharapkan melalui adanya pengabdian masyarakat ini mampu menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat serta mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan pola hidup sehat dmei memutus rantai penyebaraan virus Covid-19.

dokpri

dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline