Lihat ke Halaman Asli

Ina Fatah

blogger, penulis, karyawan

Berkah Digitalisasi Bagi UMKM

Diperbarui: 18 Desember 2022   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk indonesia lebih kurang 2 tahun telah merusak berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor usaha dan ekonomi

Sektor usaha yang cukup terdampak adalah usaha mikro, kecil dan menengah.Banyak UMKM yang tumbang karena pandemi.

Namun sejak awal tahun 2022, pelan dan pasti UMKM kembali bangkit untuk menggairahkan ekonomi. Termasuk UMKM di kota saya.

Mereka mulai semangat membuka lapak, stand, warung dan toko. Aktifitas ekonomi semakin menggeliat, seperti salah satunya bazaar ini.

Dari pengamatan saya, produk produk UMKM yang ditampilkan sangat bagus. Dari rasa, kemasan dan harga.

Mmelihat aktifitas para pelaku UMKM ini, saya teringat dengan keluarga di kampung juga merupakan pelaku UMKM. Sejak saya kecil lebih kurang 42 tahun lalu, keluarga saya adalah pelaku UMKM.

Untuk mendukung usaha atau jualannya, kakek dan tante saya sering melakukan pinjaman ke BRI.Ya BRI satu satunya bank di kecamatan saya waktu itu.

Para pelaku UMKM ini saya percaya juga sudah kenal dan berhubungan dengan BRI. Mengapa saya percaya ?karena di BRI ada program khusus bagi UMKM.

Seperti program pinjaman ada kredit usaha rakyat atau KUR, yang memberikan modal kerja sampai dengan Rp 50 juta per debitur.

Ada juga KUR Kecil Bank BRI, berupa kredit modal kerja atau investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond hingga 500 juta rupiah.

Selain itu ada juga produk pinjaman berupa kredit modal kerja dengan proses cepat dan mudah. Suku bunga bersaing san perencanaan keuangan usaha dengan relationship manager handal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline