Lihat ke Halaman Asli

Resume “The Cuckoo’s Calling”

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lula Landry, seorang supermodel berkulit hitam yang diadopsi oleh keluarga Bristow, dinyatakan terjun dari flatnya di Kentigern Gardens. Selama tiga bulan koran-koran maupun siaran televisi memberitakan kematian Lula Landry. Kendati kematiannya dirasa ganjil karena saat itu ia berada di puncak karirnya, toh polisi sudah menyatakan dengan tegas bahwa Lula Landry bunuh diri.

Kakak tiri Lula, John Bristow yang bergigi seperti kelinci, tidak percaya kalau adiknya bunuh diri. Ia yakin bahwa adiknya didorong dari flatnya melalui jendela oleh seseorang. Ia juga yakin bahwa rekaman cctv yang memperlihatkan seorang kulit hitam yang berlari ke arah flat Lula sebelum Lula jatuh dan sesudah Lula jatuh, kemudian disusul seorang lagi yang lari dari arah flat Lula, ada hubungannya dengan kematian Lula.

John Bristow pun menyewa seorang detektif partikelir, Cormoran Strike . Yang dulunya adalah sobat karib kakaknya yang sudah meninggal akibat jatuh ke jurang, Charlie Bristow. Hal ini agak mengherankan, John Bristow menyewa seorang detektif partikelir yang hampir bangkrut dan terjerat banyak hutang. Bahkan, ia tinggal di kantornya setelah diusir pacarnya, Charlotte dari flat Charlotte yang mewah. Padahal bisa saja John menyewa detektif lain yang lebih terkenal dan hebat daripada Cormoran Strike. Tapi, John Bristow mempercayakan kasus itu pada Strike dan membayarkan uang muka yang diminta Strike.

Cormoran Strike dulunya adalah anggota Angkatan Darat. Dia mengalami suatu kecelakaan hingga ia kehilangan kaki kanannya. Kehidupan masa kecilnya juga semrawut. Dia hidup berpindah-pindah bersama ibunya dan Lucy, adiknya dari bapak lain. Sementara ibunya selalu bersenag-senang dengan lelaki lain. Ibunya pun meninggal akibat overdosis di usia muda.

Cormoran Strike dengan sedikit bantuan asistennya dari Temporary Solution, Robin, berhasil menguak kebenaran dibalik terjunnya Lula Landry. Lula Landry memang tidak terjun. Ia didorong oleh kakaknya, John Bristow sendiri. Bahkan John Bristow juga-lah yang mendorong teman Strike, Charlie ke jurang. Strike menganggap John merupakan psikopat yang jenius.

Pagi-pagi sekali di hari yang naas itu, John pergi ke flat Lula. Semua orang mengetahuinya. Sebenarnya dia tidak menyerahkan kontrak Lula dengan Guy Some, sang desainer. Dia meminta uang pada Lula untuk mengganti uang Conway Oates yang dipakainya sebelum pamannya, Tony Landry mengetahuinya. Bisnis itu memang bisnis keluarga. Tapi Lula tidak mau memberikannya uang.Lechsinka si petugas kebersihan mendengarnya. Tapi bahasa Inggris Lechsinka sangat jelek, sehingga ia membenarkan kalau John bertengkar dengan Lula karena Lula kembali berpacaran dengan Evan Duffield, pemuda yang menurut John hanyalah tukang mabuk.

Setelah Lula marah dan membanting pintu, John pergi ke flat dua yang pintunya terbuka. Saat itu si satpam, Wilson dan teknisi alarm sibuk mengecek panel alarm dan suara mesin penghisap debu Lechsinka sangat bising hingga tidak ada yang menyadari bahwa John masuk ke ruang depan di seberang panel alarm. Mungkin bersembunyi di lemari kosong atau kolong tempat tidur. Ia mendengar suara Wilson yang menyebutkan kode alarm yang kemudian disetel Lechsinka.

Lalu Lula pun keluar mengunjungi ibunya yang sakit. John menunggu. Ia memakai sarung tangan yang diberikan Guy Some untuk Deeby Mac di lemari. Tentu saja untuk mencegah adanya sidik jari.

Kemudian ia pun melihat Lula datang bersama teman-temannya. Tak lama kemudian Lula keluar lagi. Ia pergi ke Uzi (sebuah bar) dan bertengkar dengan pacarnya di sana. Lula pulang seorang diri. Paparazzi masih berada di depan Kentigern Gardens. Tentu mereka menunggu kedatangan Deeby Mac. Tapi ada kabar bahwa Deeby menunda kedatangannya ke Kentigern Gardens. Paparazzi itu pun bubar.

John memakai sweater Deeby dari Guy Some, mengambil beberapa tangkai mawar putih dari vas. John tidak menyeka bagian bawah tangkainya dengan sempurna. Tetesan air jatuh dari mawar itu. Dia mengtuk pintu Lula. Lula bahagia karena dari lubang pintu, ia dapat melihat mawar putih. Begitu ia membuka pintu, ia kaget karena ternyata yang datang adalah John. John mendesaknya ke arah balkon. Mereka bertengkar. Lula mengatakan bahwa ia akan mewariskan semuanya pada saudara kandungnya. Lalu John mendorong Lula.

Jonah Agyeman, saudara Lula yang akan menjadi ahli waris Lula, mengetahui Lula jatuh. Tapi ia langsung berlari dan tidak mau ikut terlibat dalam urusan itu. John juga berlari, setelah ia menaruh tangkai mawar putih kembali ke vas dan menyetel alarm sesuai kode yang sudah diketahuinya. Ia melihat Jonah, tapi tidak tahu siapa dia. Ia terus berlari dan berbelok di Halliwell Street. Membuang pakaiannya dan mencegat taksi.

Rochelle Onifade, sahabat Lula yang tinggal di panti untuk tunawisma memberitahu John bahwa orang berkulit hitam yang dilihatnya waktu itu adalah Jonah. Rochelle pikir Jonahlah yang membunuh Lula. Dia memberitahu John segalanya dan memeras John. Hingga setelah Strike berhasil menemukan Rochelle dan mewawancarinya, John mendorong Rochelle dari Hammersmith Bridge.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline