Lihat ke Halaman Asli

Menulis Saat Jenuh Melanda

Diperbarui: 24 Maret 2016   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ada saat dimana diri ini sangat lelah dengan aktivitas fisik dan jenuh dengan rutinitas yang monoton sehingga memudahkan kemalasan datang menghampiri.  Akan tetapi menyikapi rasa lelah dan jenuh yang akan selalu datang selama kita hidup, diperlukan kiat-kiat untuk bias mengatasi dan tidak berlarut-larut dalam kelelahan dan kejenuhan.

Diperlukan rehat sejenak untuk mengembalikan mood yang tadinya tidak bersemangat menjadi “on” kembali.  Setiap orang pasti punya caranya sendiri dan saya memilih menulisuntuk mengembalikan semangat yang sedang menurun.

Meski setiap hari selalu bergelut dengan membaca dan tulis-menulis (saat ini sedang masa akhir menyusun draft disertasi), membaca jurnal, elaborasi data, menulis lagi, dan lagi demi penyelesaian revisi draft membuat bosan karena harus bergelut dengan hal itu-itu terus. 

Membaca dan menulis hal yang berbeda dari draft merupakan cara terampuh yang bisa saya lakukan, yang pasti tidak boleh jauh-jauh dari aktivitas baca membaca dan tulis menulis lah karena dengan membaca dan menulis otak tetap aktif dan hal ini yang saya butuhkan agar penyelesaian draft tidak tertunda.

Menulis dengan tema berbeda juga memberi kepuasan tersendiri karena di tengah-tengah kesibukan deadline masih bisa menghasilkan tulisan yang nuansanya berbeda meski hanya tulisan sederhana.  Dengan tetap menulis diharapkan bisa lebih fokus lagi saat harus kembali ke draft dan berfikir lebih serius, detail demi perbaikan draft yang bisa selesai tepat waktu.

 

#ODOPfor99days

#day59

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline