Lihat ke Halaman Asli

Pelabuhan Tanjung Perak Menuju Terminal Bungurasih (Purabaya)

Diperbarui: 9 Juli 2024   07:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Transportasi merupakan sarana bagi masyarakat untuk melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat, daerah, kota dan lain sebagainya. Transportasi umum menjadi sarana yang dapat memudahkan seseorang dalam melakukan perjalanannya, apalagi bagi mereka yang kerap kali melakukan perjalanan baik jauh maupun dekat dan menggunakan sarana transportasi umum. Sebagai seorang yang sudah cukup memiliki pengalaman dalam perjalanan transportasi umum hal ini merupakan suatu hal yang cukup mudah untuk dilewati. Namun, sebagian orang yang awan dan belum pernah melakukan perjalanan yang cukup jauh, mungkin rute transportasi juga bisa menjadi penghalang, momok, ataupun kendala bagi seseorang.

Saat hendak melakukan sebuah perjalanan pastinya seseorang akan  memastikan bagaimanakah rute perjalanan dan mode transportasi apa yang akan diambil nantinya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, hal ini  akan menjadi hal yang mudah bagi seseorang yang telah berkali-kali melakukan. Namun, bagi mereka yang baru kali pertama melakukan perjalanan transportasi umum akan mengalami kesulitan dalam hal ini. Oleh karena itu di sini saya akan berbagi pengalaman bagaimanakah rute perjalanan dan kendaraan apa saja yang akan diambil dari pelabuhan kapal yang berasal dari Madura menuju terminal Bungurasih (Purabaya). Disini juga akan dijelaskan mengenai apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan dan bagaimana tata cara perjalanan di dalamnya. Perlu dipahami bahwa rute dan tata cara ini berlaku sejak tanggal dipublishkannya artikel ini sampai adanya pemberlakuan kebijakan yang baru.

Hal yang harus disiapkan dan diperhatikan saat hendak melakukan perjalanan ini :

  • Pastikan kamu sudah membeli tiket melalui laman resmi https://trip.ferizy.com 
  • Jika kamu tidak tau bagaimana cara memesannya, biasanya di tempat pembelian tiket kapal akan diberikan tuntunan cara atau ada calo tiket kapal yang akan membantu kamu untuk mendapatkan tiket kapal. Namun dengan pembelian melalui calo ini biasanya kamu akan membeli dengan harga di atas harga yang sebenarnya sebagai imbalan, namun biasanya juga ada yang tetap memberikan harga sesuai dengan harga yang seharusnya. Jika di tempat pembelian tiket kamu tidak menemukan calo tiket maka kamu bisa meminta tolong  kepada calon penumpang kapal yang juga hendak melakukan perjalanan untuk membelikan tiket kamu. Jangan lupa untuk mengganti uangnya dan mengucapkan terima kasih!
  • Siapkan uang receh untuk membayar transportasi umum yang akan kamu naiki. Hal ini dapat memudahkan kamu saat melakukan perjalanan.
  • Jika kamu memiliki obat-obatan khusus selama perjalanan maka jangan lupa untuk mempersiapkannya agar tidak ketinggalan saat berangkat.
  • Bawalah barang-barang yang diperlukan saja, jangan membawa barang yang terlalu banyak saat hendak melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum. Pastikan kamu membawa barang-barangmu dengan nyaman saat melakukan perjalanan. Pastikan barang apa saja yang kamu bawa sebelum berangkat sehingga saat sudah tida di tempat kamu dapat memastikan kembali apakah ada yang kurang dari barang-barangmu.
  • Yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum jangan mudah percaya terhadap orang yang baru dikenal atau bahkan orang yang tidak dikenal, hindari interaksi yang berlebihan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rute perjalanan;

Pertama, transportasi umum yang akan kamu naiki adalah kapal dari Madura menuju ke pelabuhan tanjung perek. Sebelum naik kamu akan membeli tiket terlebih dahulu seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Pastikan kamu datang sesuai dengan jadwal pemberangkatan kapal. Kapal akan berangkat setiap satu jam sekali secara bergantian dengan kapal yang berasal dari tanjung perak Surabaya. Jika kapal tidak ada maka kamu dapat menunggu terlebih dahulu karena mungkin kapalnya sedang perjalanan.

Kedua, setelah turun dari kapal maka carilah angkot di sekitar pelabuhan yang menuju ke JMP Surabaya. Sebelum menaiki angkot, pastikan kamu sudah bertanya dan angkot yang kamu naiki sudah benar. Siapkan uang untuk membayar angkotnya, berikan saat kamu hendak turun. Biasanya dari pelabuhan menuju JMP Surabaya sebesar 8.000 rupiah, berikan uang pas agar lebih mudah dan cepat.

Ketiga, setelah kamu turun di JMP maka akan ada dua bus yang terparkir di sana. Biasanya bus yang depan merupakan bus dengan rute Sidoarjo, sedangkan bus yang harus kamu naiki adalah bus dengan rute terminal Bungurasih (Purabaya) / P5 yang bagian belakang. Jika tidak ada bus maka tunggulah terlebih dahulu, cari tempat duduk yang nyaman untuk menunggu bus, dan tetaplah tenang. Untuk memastikan kembali, sebelum menaiki bus jangan malu untuk bertanya apakah bus yang akan kamu naiki sudah benar merupakan bus menuju Bungurasih (Purabaya). Siapkan uang untuk membayar, pembayaran bus kota ini akan diminta saat bus sudah jalan sebesar 10.000, jadi tunggu saja sampai di minta, tidak perlu memberikan terlebih dahulu.

Keempat, setelah naik bus kota kamu akan diturunkan di terminal Bungurasih (purabaya). Jika tujuan kamu merupakan bus antar kota maka berjalanlah masuk ke dalam terminal Bungurasih, naik eskalator bagian kanan dan kamu akan mendapati bus antar kota dengan berbagai tujuan. Ambil bus dengan tujuan ke kotamu, jika tidak tahu maka bertanyalah. Terdapat dua jenis bus antar kota, yang pertama yaitu bus patas, dan yang kedua yaitu bus dengan tarif ekonomi (biasa).

Itulah sedikit ulasan mengenai rute perjalanan dari pelabuhan menuju terminal Bungurasih, semoga dapat membantu teman-teman semua dalam melakukan perjalanan. Hati-hati di jalan dan terima kasih sudah mengunjungi halaman artikel kami.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline