Lihat ke Halaman Asli

Antara Proses Belajar, Karakteristik Belajar Anak dan Pembelajar Terpadu

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

<

KITA DALAM PROSES BELAJAR

10% dari apa yang kita baca

20% dari apa yang kita dengar

30% dari apa yang kita lihat

50% dari apa yang kita lihat dan dengar

70% dari apa yang kita katakan

90% dari apa yang kita katakan dan lakukan

Vernon A. Magnessen

Dikutip dalam Quantum Teaching oleh Bobbi DePorter, et.al.

Mempertimbangkan hal tersebut di atas tamapaklah bahwa prosentase terbesar dalam proses belajar didapat dari apa yang dikatakan dan dilakukan. Kita dalam proses belajar adalah 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan. Oleh karena itu, satu hal yang wajar apabila siswa SD akan lebih tepat apabila memperoleh pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung dimana mereka bisa mendapatkan proses belajar yang bernilai 90% yaitu dari apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran terpadu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline