Lihat ke Halaman Asli

Tekuk Al-Hilal, Real Madrid Berhasil Menjuarai Piala Dunia Antarklub

Diperbarui: 12 Februari 2023   05:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Real Madrid juara Piala Dunia Antarklub, sumber: (instagram/realmadrid)

Real Madrid berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia Anntarklub 2022 setelah mengalahkan Al-Hilal dengan skor 5-3 pada Minggu (12/2/2023) dini hari WIB. Pertandingan digelar di Stadion Prince Moelay Abdullah kota Rabat, Maroko.

Real madrid bermain lebih menekan dan berhasil menciptakan beberapa peluang yang mampu membuat pemain Al-Hilal kewalahan, gol dibuka oleh Vinicius Junior pada menit 13' memanfaatkan umpan dari Karim Benzema, Fede Valverde menambah kedudukan Real Madrid pada menit 18' tendanganya tak mampu dihalau kiper Al-Hilal Al-Malouf, pada menit26' Al-Hilal berhasil memperkecil jarak setelah M. Marega dapat memanfaatkan kesalahan pemain belakang Madrid yang telat turun ke belakang, diakhir babak pertama keduanya saling jual-beli serangan namun belum ada yang berbuah gol, 2-1 skor sementara bagi Real Madrid.

Babak kedua dimulai, Real Madrid tampil lebih dominan, di menit 54' Karim Benzema berhasil menambah keunggulan bagi Real Madrid, kali ini gentian Vinicius JR yang memberi Assist kepadanya, menit 58' Valverde kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan umpan satu-dua dengan Carvajal, Al-Hilal kembali memperkecil kedudukan setelah Vietto  berhasil memanfaatkan umpan cantik Abdoulhamid di menit 63', Vinicius kembali mencetak gol di menit 69' kali ini lewat umpan dari Dani Ceballos, Al-Hilal kembali memperkecil jarak lewat gol cantik Vietto gol di menit 79', tak ada lagi gol yang tercipta sampai peluit akhir dibunyikan, skor akhir 5-3 bagi kemenangan Real Madrid. Ini menjadi gelar kelima Real Madrid di ajang ini.

Vinicus Junior menjadi pemain terbaik di Piala Dunia Antarklub 2022, di susul Fede Valverde di posisi kedua, dan Luciano Vietto di posisi ketiga dan Karim Benzema mendapat penghargaan FIFA Fair Play Award.

Penghargaan pemain terbaik Piala Dunia Antarklub 2022, sumber: (instagram/realmadrid)

Klub Dengan Perolehan Gelar Piala Dunia Antarklub Terbanyak

Piala Dunia Antarklub pertama kali digelar pada tahun 2000 dan Corinthians keluar menjadi juara. Klub dengan perolehan juara terbanyak yaitu Real Madrid dengan 5 gelar (2014, 2016, 2017, 2018, 2022) disusul Barcelona dengan 3 gelar (2009, 2011, 2015) tim Eropa sangat mendominasi kompetisi ini, terhitung sejak pertama kali digelar terdapat 15 juara yang berasal dari benua Eropa, dan Liga Spanyol sebagai penyumbang terbanyak (8 gelar). Benua America empat kali memenangi Piala Dunia Antarklub dan semuanya berasal dari Liga Brazil, dua gelar milik Corinthians, Sao Paulo dan Internacionale sama-sama mengoleksi satu gelar.

Pemain Dengan Gelar Terbanyak

Toni Kroos menjadi pemain dengan gelar Piala Dunia Antarklub terbanyak melebihi klub manapun yaitu dengan 6 gelar, bahkan lebih banyak dari klubnya sendir, ia pertama kali memenagkanya yaitu bersama Bayern Munchen pada tahun 2013 dan lima sisanya bersama Real Madrid (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2022).

Top Skor Piala Dunia Antarklub

DI ajang ini Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak, ia mengoleksi tujuh goal. Ronaldo memilik empat gelar juara dengan dua tim berbeda yaitu satu kali bersama Manchester United (2008) dan tiga bersama Real Madrid (2014, 2016, 2017)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline