Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Teknologi Pengolahan Hasil Ternak

Diperbarui: 20 September 2022   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

hay aku imroatul Azizah teman-temanku biasa memanggilku azizah ,aku adalah seorang mahasiswa baru di politeknik negeri banyuwangi.kalian udah ga asing kan apa itu mahasiswa?mahasiswa yaitu sebutan untuk seseorang yang tengah menempuh pendidikan di sebuah sekolah tinggi , universitas,hingga akademik.tidak semua orang bisa menjadi seorang mahasiswa,karena niat,minat,atau hambatan tertentu.

Umumnya menjadi seorang mahasiswa itu setelah lulus dari sma,smk ataupun madrasah.di era yang sekarang ini sudah banyak universitas - universitas negeri maupun swasta di berbagai daerah,nah salah satunya di banyuwangi yaitu politeknik negeri banyuwangi terletak di jalan raya Jember no.km13,kawang labanasem,kec kabat, kabupaten banyuwangi https://poliwangi.ac.id/ ,Jawa timur.

Aku mengambil prodi teknologi pengolahan hasil ternak, https://instagram.com/tpht_poliwangi?igshid=YmMyMTA2M2Y= kenapa aku ngambil prodi itu? karena aku pengen jadi peternak muda yang sukses selain itu Saat ini, Indonesia sedang membutuhkan banyak sekali pengusaha muda untuk mengembangkan industri pangan. oleh sebab itu, sudah menjadi tugas mahasiswa teknologi pangan untuk mengembangkan mahasiswanya memiliki sifat-sifat yang diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur.adapun kegiatan pengolahan hasil ternak meliputi pembuatan bahan mentah menjadi bahan pangan atau siap di konsumsi,banyak sekali orang mengira prodi ini cuman di kandang saja padahal nyatanya tidak kita lebih ke pengolahannya dan penelitian produk yang akan kita buat atau kita olah.Tujuan teknologi pengolahan hasil ternak adalah untuk mendapat produk yang berkualitas aman,baik dan sehat bagi konsumen. Hasil ternak merupakan bahan yang sangat mudah rusak sehingga perlu segera di lakukan penanganan atau pengawetan bahan supaya lebih tahan lama.banyak sekali yang bisa di ambil dari hasil budidayanya, hewan ternak dari pertenakan besar di manfaatkan untuk diambil daging,susu hingga kulitnya karena pada jenis hewan tertentu susu dan daging memiliki manfaat yang begitu banyak dan berkhasiat begitupula dengan kulitnya,contoh dari usaha pertenakan besar yaitu: peternakan sapi potong,sapi perah,kerbau dan kuda.hasil pertenakan dan manfaatnya:

1.daging kambing dan sapi: sumber protein hewani 

2.telur ayam dan daging: sumber protein hewani

3. lebah: menghasilkan madu.banyak sekali faktor pendukung berkembangnya usaha ternak di Indonesia yaitu:1 semakin berkembangnya industri pembibitan hewan ternak .

2 semakin berkembangnya pabrik makanan ternak dan obat obatan yang semakin tersebar di berbagai provinsi .3 berkembangnya industri yang menerima hasil ternak dari pertenakan di Indonesia.

Selain itu pengembangan peternakan juga sangat penting pembangunan pertenakan merupakan pembangunan nasional yang sangat penting,karena salah satu tujuannya yaitu peningkatan kualitas yang unggul .selain itu tujuannya untuk pendapatan dan kesejahteraan peternak.Setelah lulus dari jurusan Peternakan, bisa menjadi sebagai pengawas bibit ternak, pengawas mutu hasil pertanian, peneliti, abdi negara di Kementerian Pertanian dan sebagainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline