Lihat ke Halaman Asli

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengirim Lamaran Via Pos

Diperbarui: 19 Maret 2023   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Apa saja sih yang perlu diperhatikan

Sebelum mengirim lamaran lewat kantor pos, simak ulasan berikut ini.

Berikut poin-poin yang di perhatikan saat mengirim lamaran lewat kantor pos, ini resmi menurut laman Info Kantor Pos.

1. Memilih amplop  menyesuaikan dengan isi dokumennya

Kita bisa memilih amplop yang sesuai dengan isi dokumen. Jika dokumen berisi surat berharga, lebih baik kita gunakan plastik di dalam amplop tujuanya tak lain agar dokumen tetap bersih dan tidak basah ketika sampai di tempat tujuan.

Selain itu menyesuaikan ukuran amplop dengan dokumen yang dikirim juga perlu dilakukan. Tujuan menutup amplop tersebut supaya dokumen yang ada di dalamnya tidak mudah keluar.

2. Cara penulisan alamat penerima dan pengirim

Kesalahan pada saat menulis alamat si  pengirim dan penerima ketika mengirim berkas lamaran masih ditemukan. Hal ini dapat menyebabkan dokumen terlambat sampai, bahkan tidak terkirim ke alamat tujuan.

Berikut ini adalah cara menulis alamat penerima dan pengirim yang benar dalam amplop:

a. Alamat penerima

Untuk Alamat penerima dapat diletakkan pada bagian depan dan sebelah kanan bawah amplop. Alamat penerima secara detail dan lengkap harus memuat nama lengkap si penerima, nama jalan dan nomor rumah, RT/RW, kelurahan atau desa, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, juga kode pos.

Jangan lupa untuk  cantumkan nomor telepon penerima yang bisa dihubungi oleh petugas kantor pos.


b. Alamat pengirim

Untuk Alamat pengirim kita bisa letakkan di bagian depan dan sebelah kiri atas amplop. Seperti halnya alamat penerima, alamat pengirim juga harus memuat informasi secara detail dan mencantumkan nomor telepon pengirim


c. Alamat penerima lamaran kerja

Pada Umumnya, sebuah persahaan besar akan membuat kotak pos atau Post Office Box (PO Box) yang bertujuan untuk keperluan membuka lamaran kerja dan memudahkan pengirim surat lamaran.

Untuk Alamat penerima PO Box juga diletakkan pada posisi bagian depan dan sebelah kanan bawah amplop. Pastikan kamu juga menuliskan kota PO Box tersebut,


3. Memilih jenis kiriman yang sesuai kebutuhan

Di Kantor pos di Indonesia memiliki beberapa jenis pengiriman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita . Berikut ini  adalah jenis-jenis pengiriman di kantor pos:

Jenis Premium, jenis ini memiliki keunggulan lebih cepat sampai dan mudah untuk dilacak. Contohnya, Pos Express.Jenis Kilat Khusus dapat juga kita jadikan pilihan karena keunggulannya mampu dilacak. Untuk Jangkauannya meliputi seluruh kecamatan dan kota di Indonesia.Selain itu terdapat juga pengiriman yang bersifat undian atau hanya surat balasan biasa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline