Lihat ke Halaman Asli

Imroatul Azizah

Tadris IPS 1 IAIN Jember

Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Pendidikan

Diperbarui: 16 Maret 2020   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Ontologi

Ontologi berasal dari kata ontos yang artinya hakikat dan logos yaitu ilmu. Ontos bisa bermakna "ada". Secara lebih luas Ontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat atau ilmu tentang ada atau ilmu yang mungkin ada, maksudnya tidak terlihat wujudnya tetapi bisa dirasakan. Contohnya seperti ada itu satu yaitu Spiritualisme.

Epistemologi

Kajian filsafat ini mempelajari tentang keaslian. Maksudnya keaslian dalam mempelajari ilmu pengetahuan secara lebih rinci lagi. Dalam Epistemologi ada dua sarana yang wajib di penuhi yaitu sarana bahasa dan logika.

Aksiologi

Ilmu yang membahas tentang suatu hal yang berfaedah atau bermanfaat bagi orang lain. Maksudnya kepada orang lain kita harus memiliki etika dan moral yang baik dalam berbicara atau bersikap. Dalam mengambil keputusan kita harus bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Cabang Aksiologi itu ada dua yang pertama adalah etika (filsafat moral), dan yang kedua estetika (filsafat seni).

Semoga Bermanfaat

Terimakasih

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline