Lihat ke Halaman Asli

Imran Chaz

Guru SMK

Salah Satu Metode Membangkitkan Semangat Belajar Peserta Didik adalah Metode Tutor Sebaya

Diperbarui: 29 Oktober 2022   07:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Di dalam dunia pendidikan, para guru pasti menemukan ada beberapa peserta didik yang kurang mampu dalam melakukan sesuatu khususnya dalam ranah ketrampilan. Peserta didik semacam ini bukan tidak mampu atau tidak bisa, hanya saja dia belum memahami betul pembelajaran yang diberikan oleh gurunya. Sebab, di sebuah kelas itu memiliki beberapa karakter peserta didik, jarang sekali ditemukan bahkan mungkin tidak ada sama sekali dalam sebuah kelas peserta didik tingkat pengetahuannya sama semua atau homogen. Pasti ada peserta didik yang cepat memahami pengetahuan yang baru dan ada juga yang belum memahami, butuh beberapa kali lagi dijelaskan agar peserta didik tersebut paham apa yang disampaikan gurunya.

Terkadang ada juga peserta didik yang hanya membaca judulnya saja sudah mengerti maksud dari guru tersebut, itu karena pengalaman yang didapatkan di luar jam sekolah dia kaitkan dengan pembelajaran yang mereka pelajari. Peserta didik seperti ini mudah diajarkan karena mereka menggunakan pembelajaran yang kontekstual.

Teruss, bagaimana cara membangkitkan semangat belajar peserta didik ?

Salah satu solusi yang bisa digunakan oleh seorang pendidik adalah dengan menggunakan metode Tutor Sebaya atau Peer Teaching. Sebab dengan menggunakan metode seperti ini dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik yang masuk pada kategori yang belum bisa melakukan sesuatu khususnya pada mata pelajaran produktif yang mengedepankan pembelajaran praktik di Lab atau RPS.

Metode tutor sebaya merupakan sebuah metode belajar yang memanfaatkan teman – temannya yang memiliki kemampuan lebih untuk saling membantu teman lainya yang memiliki kemampuan lebih rendah. Ridwan Abdillah Sani (2015 :198) mengatakan bahwa tutor teman sebaya adalah sebuah metode belajar mengajar dengan bantuan seorang peserta didik yang kompeten untuk mengajar peserta didik lainnya. 

Sementara menurut Hisyam Zaini dalam Amin Suyitno (2004:24) menyatakan bahwa “Metode belajar yang paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran tutor sebaya sebagai strategi pembelajaran akan sangat membantu siswa di dalam mengajarkan materi kepada teman-temannya.” Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran tutor sebaya. Kuswaya Wihardit dalam Aria Djalil (1997:3.38) menuliskan bahwa pengertian tutor sebaya adalah seorang siswa pandai yang membantu belajar siswa lainnya dalam tingkat kelas yang sama.

Itu semua bukan tanpa alasan, karena mungkin dengan temannya, peserta didik yang lebih rendah kemampuannya tidak ragu-ragu dan canggung dalam bertanya terkait hal yang mereka masih belum mengerti. Beda halnya ketika dia diajarkan oleh Gurunya, mungkin peserta didik tersebut takut atau merasa malu dikatakan "kurang mampu" sehingga peserta didik yang rendah kemampuannya hanya menjawab "iya" saja apabila ditanya oleh gurunya "apakah sudah mengerti".

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline