Lihat ke Halaman Asli

7 Langkah jitu Mempertahankan Pelanggan

Diperbarui: 26 Juni 2015   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam merintis sebuah bisnis memang sangat sulit, dan tidak itu saja bagi, yang sudah memiliki bisnis pun akan dihadapkan pada tantangan untuk mempertahankan kesuksesan yang telah diraihnya.

Apakah kalian merasa demikian ?

Nah, sebenarnya kunci utamanya adalah pada pelanggan, kita akan dihadapkan bagaimana agar pelanggan akan terus hadir menghampiri bisnis kita. Tidak hanya mendatangkan pelanggan saja tapi juga harus mempertahankannya.

Saya pernah membaca sebuah artikel management keuangan, dan di dalam artikel tersebut dijelaskan point-point bagaimana cara mendatangkan dan mempertahankan pelanggan.

Cara terbaik dalam mempertahankan pelanggan dan memperoleh kesetiaan dari mereka adalah dengan cara mengkonsentrasikan pada kebutuhan dan keinginan mereka. Perusahaan harus mampu melakukan diferensiasi dalam penawarannya, yang tidak ada pada pesaing lain. Selain itu, program loyalitas pelanggan juga harus tepat jika ingin memberikan pengaruh.


Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat membantu dalam mempertahankan pelanggan:

1. Budaya Perusahaan.

Budaya perusahaan harus mendemonstrasikan pelayanan pada pelanggan. Perusahaan menaruh pelanggan pada tingkat yang pertama diatas lainnya. Contohnya adalah budaya perusahaan di maskapai penerbangan, dimana pramugari dan seluruh kru harus melayani pelanggan dengan baik mulai dari lepas landas hingga tiba di tempat tujuan.

2. Diferensiasi.

Anda harus bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan pesaing Anda. Jika Anda tidak bisa menawarkan sesuatu yang unik, maka pelanggan akan sulit membedakan Anda dengan pesaing. Anda bisa dianggap tidak mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan mereka.

Jack Trout dalam bukunya “Differentiate or Die” mengungkapkan, bahwa untuk melakukan diferensiasi, terkadang perusahaan harus melepaskan bisnisnya. Dulu ada perusahaan Emery AirFreight, yang merupakan jasa kurir terbesar dan mereka melayani segala jenis pengiriman. Kemudian ada juga Federal Express, yang hanya menawarkan pengiriman kemasan kecil overnight. Perbedaan mereka adalah: overnight. Hasilnya? FedEx berhasil jadi jasa pengiriman tersukses di dunia, sementara itu Emery malah bangkrut.

3. Data.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline