Lihat ke Halaman Asli

Imla Qolbi

Rakyat biasa

Indscript Creative, Pengusaha, dan Buku Biografi

Diperbarui: 6 Agustus 2022   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: CekAja.com

Buku biografi adalah salah satu jenis buku non fiksi yang berisi tentang perjalanan hidup seseorang dari lahir sampai waktu tertentu. Tokoh yang diceritakan dalam buku biografi bisa saja masih hidup atau sudah meninggal dunia. Buku ini cukup banyak diminati khalayak umum karena berbagai macam alasan. Apalagi jika pembaca mengenal secara personal atau mengagumi tokoh yang diceritakan dalam buku tersebut. Buku jenis ini biasanya berkisah tentang orang-orang hebat yang mempunyai banyak pengaruh terhadap masyarakat luas.

Salah satu yang mempunyai buku biografi adalah seorang pengusaha. Para entrepreneur ini termasuk orang yang cukup berpengaruh dalam masyarakat, khususnya bagi sesama pengusaha, baik yang baru merintis atau tidak. Namun, permasalahannya adalah tidak semua pengusaha bisa menulis buku sendiri. 

Lalu, bagaimana caranya seorang pengusaha bisa mempunyai buku biografi, padahal tidak pandai menulis? Selain itu, mengapa penting bagi pengusaha untuk mempunyai buku biografi? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Jasa Menulis Buku Indscript Creative 

Indscript Creative adalah sebuah perusahaan di Bandung yang melayani berbagai jasa penulisan, seperti jasa copywriting, jasa menulis konten website, jasa liputan blogger, sampai jasa penulisan buku. Jasa yang disebut terakhir ini biasanya dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk membuat buku biografi tentang dirinya atau perusahaannya. Salah satu tokoh yang pernah menggunakan jasa penulisan buku Indscript Creative adalah Atalia Praratya, istri gubernur Jawa Barat.

Selain itu, Indari Mastuti sebagai pendiri Indscript Creative juga pernah menulis buku biografi untuk Brownies Amanda, dan Tan Deseng, seorang maestro musik Sunda. Perusahaan yang hampir memasuki usia lima belas tahun ini sudah berpengalaman dalam dunia penulisan sehingga menyediakan salah satu jasa penulisan yang cukup berat tetapi menarik, yaitu jasa penulisan buku biografi. 

Jadi, seorang pengusaha tidak harus menulis sendiri jika ingin mengabadikan perjalanan hidupnya mencapai kesuksesan atau untuk tujuan lainnya. Indscript Creative, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang kepenulisan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menuliskan buku biografi. 

Mengapa Buku Biografi Penting untuk Pengusaha

  1. Mengabadikan Perjalanan Hidup 

Buku biografi bukanlah sekadar buku biasa bagi pengusaha. Buku ini adalah saksi bisu perjalanan hidup seorang pengusaha, sejak masih merintis hingga sukses. Ada suatu kesan tersendiri ketika seseorang bisa melihat kisah jatuh bangun hidupnya membangun usaha. 

Hal ini bisa menjadi pengingat untuk pengusaha jika suatu saat usahanya sedang jatuh. Dia tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan karena akan teringat kembali bahwa dirinya pernah mengalami masa-masa sulit. Terlebih lagi, kisahnya sudah diketahui banyak orang. 

  1.  Motivasi untuk Pembaca

Buku biografi pengusaha bukan hanya bermanfaat untuk tokoh yang ditulis, tetapi juga untuk pembaca. Dengan membaca buku biografi, pembaca akan mengetahui bahwa kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan. Ada proses panjang yang harus dilalui. Pembaca akan terpompa semangatnya karena melihat saksi hidup melalui buku biografi. 

Misalnya saja buku biografi Chairul Tanjung, Si Anak Singkong. Walau berasal dari keluarga biasa, dengan kerja keras dan ketekunannya, Chairul Tanjung bisa mencapai kesuksesan. Bahkan dirinya pernah disebut sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Kisahnya dapat menginspirasi banyak orang yang membaca bukunya.

  1. Menguatkan Brand atau Produknya 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline