Lihat ke Halaman Asli

Imla Qolbi

Rakyat biasa

Pemetaan Customer Journey dalam Digital Marketing Denny Santoso

Diperbarui: 10 Juli 2022   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: bamahadigital.com

Akhir-akhir ini, nama Denny Santoso sering sekali muncul dalam banyak tempat, terutama di dunia maya seperti youtube, facebook, instagram, juga mesin pencari google. Denny Santoso tentu bukan nama yang asing di telinga, apalagi bagi Anda yang sedang belajar bisnis. Dia menjadi salah satu tokoh terkenal dalam dunia digital marketing Indonesia.

Denny Santoso adalah seorang pebisnis sekaligus youtuber. Seorang public speaking sekaligus pendiri dari tribelio.com. Tribelio adalah sebuah platform media sosial berbasis komunitas yang sedang booming di kalangan pengusaha online. Bagaimana tidak, melalui tribelio ini, para pebisnis online dapat meningkatkan pendapatannya hingga berkali-kali lipat.

Sebelum mendirikan tribelio, Denny Santoso sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Denny pernah menjual suplemen kesehatan, menjadi pengajar fitness, menjadi programmer, penulis buku, hingga akhirnya menciptakan tribelio. Dalam konten youtubenya, Denny menjelaskan tentang pentingnya pemetaan customer journey dalam dunia digital marketing.

Customer journey adalah perjalanan seorang pelanggan dari tidak tahu apa-apa hingga akhirnya kenal dengan produk Anda, dan membelinya. Denny Santoso mengelompokkan customer journey-nya sebagai berikut.

Clueless

Customer journey yang pertama disebut dengan clueless atau orang yang tidak tahu apa-apa. Banyak orang di luar sana yang tidak tahu tentang bisnis atau ingin berbisnis tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Mereka tidak paham apa yang diharapkan di masa depan. Singkatnya mereka tidak tahu apa-apa tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan.

Maka, clueless ini kemudian akan melihat berbagai media sosial Denny Santoso. Youtube, instagram, facebook, dan sebagainya. Melalui media sosial Denny Santoso, clueless akan tahu tentang konsep maupun cara berbisnis yang diutarakan oleh Denny Santoso.

Content Creator

Belajar digital marketing semuanya adalah tentang konten. Bagaimana Anda mengenalkan produk Anda kepada customer itu semuanya menggunakan konten. Baik itu gambar, video atau yang lainnya. Nah, sayangnya, banyak sekali yang tidak paham tentang bagaimana caranya membuat konten yang bagus dan menarik minat pelanggan. Maka, untuk bisa menawarkan produk lewat online, Anda harus bisa menjadi content creator.

List Building

Setelah Anda bisa membuat konten yang bagus, maka konten Anda akan banyak dikunjungi orang. Lalu apa yang harus dilakukan setelah itu? Sayang sekali jika konten Anda banyak dikunjungi orang tetapi Anda biarkan saja. Itu sama saja Anda membuang uang.

Maka Anda harus mempunyai action untuk membuat pelanggan tidak hanya tertarik dengan konten Anda saja, tapi juga akhirnya membeli produk Anda. Untuk itu, Anda harus bisa membangun list. Jika Anda sudah bisa membangun list, maka Anda bisa memberikan edukasi atau broadcast tentang produk Anda kepada calon pembeli.

Tribe Hacker

Customer journey yang terakhir adalah tribe hacker. Jika Anda sudah bisa membangun list, Anda bisa mulai memberikan edukasi tentang produk Anda. Namun, hal ini bukan akhir. Anda mungkin akan menerima banyak pertanyaan, dan Anda harus menjelaskannya satu demi satu. Hal ini tentu merepotkan. Maka Anda akan membutuhkan tribe atau komunitas. Dengan tribe ini, tentu semuanya akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu menjelaskan satu demi satu kepada pelanggan. 

Inilah customer journey yang dibuat oleh Denny Santoso. Anda tidak perlu bingung, karena Denny Santoso juga menulis buku agar lebih mudah dalam memahami langkah demi langkahnya.  Jika Anda masih belajar membuat konten, maka Anda dapat membaca buku Content Creator. Selanjutnya, jika Anda sudah bisa membuat konten, Anda dapat membaca buku List Building, dan jika Anda sudah bisa membuat list maka Anda dapat membaca buku Tribe.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline