Lihat ke Halaman Asli

Bangun Kesadaran Masyarakat akan Media

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13738426551124523069

[caption id="attachment_254790" align="alignleft" width="150" caption="Hari Melek Media"][/caption]

Surabaya - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) cabang SMST (Surabaya, Madura, Sidoarjo dan Tuban) mengadakan kegiatan Sosialisasi Media Literasi menyambut Hari Melek Media (14/7).  Kegiatan yang mengusung tema "Tindakan preventif dampak media" ini diselenggarakan di Desa Bringkang Oma Indah Menganti, Gresik. Bekerjasama dengan KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Propinsi Jawa Timur, dalam hal materi literasi media, mahasiswa ilmu komunikasi yang juga berasal dari berbagai perguruan tinggi di kota Surabaya, Madura, Sidoarjo dan Tuban ini melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga.

Kegiatan sosialisasi Media Literasi ini, diawali dengan pembagian tim yang terdiri dari 2 orang mahasiswa. Tim-tim yang telah terbentuk akan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga. Tidak hanya mengenalkan masyarakat akan dampak dari sebuah media, IMIKI SMST juga memberikan sebuah stiker yang mencantumkan nomor kontak dari KPID juga IMIKI SMST, dengan tujuan agar masyarakat dapat sewaktu-waktu berkonsultasi maupun melaporkan hal seputar media.

Kegiatan sosialisai ini mendapat apresiasi yang bergitu baik dari masyarakat sekitar, berbagai tanggapanpun terlontar dari mereka. Menurut Ibu Rois selaku Ketua Dasawiswa Desa Bringkang Omah Indah Menganti mengatakan "Selama ini masyarakat masih buta akan media literasi, sedangkan masyarakat yang sadar sendiri kebingungan untuk dalam mengakses media yang kurang mendidik". Senada dengan hal itu, Pak Amir salah satu warga mengatakan "Dampak media saat ini banyak negatifnya dibanding konten-konten yang mendidik". Hal inilah yang pada akhirnya membuat mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang tergabung dalam IMIKI SMST ini terketuk hatinya untuk berperan serta dalam memberikan pengertian kepada masyarakat akan dampak dari sebuah media. Menurut ketua IMIKI SMST, Marga Bagus mengatakan "Sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa harus ikut  dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Media Literasi, apalagi perkembangan media saat ini begitu pesat dan juga banyak sekali kepentingan-kepentingan didalamnya".

Dengan adanya Kegiatan ini diharapkan nantinya ada feedback dari masyarakat untuk lebih proaktif sebagai bahan masukan bagi KPID dan evaluasi serta tindak lanjut untuk IMIKI SMST sendiri, dalam menghadapi dampak pesat teknologi informasi yang sering kali ditunggangi kepentingan-kepentingan tertentu alias "politik ekonomi media" yang dirasa sudah sangat merugikan. (i/m)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline