Lihat ke Halaman Asli

imelda veronika

Mahasiswi universitas satya negara indonesia

Opini tentang Filsafat Etika Komunikasi

Diperbarui: 1 November 2023   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Filsafat etika komunikasi adalah cabang fisafat yang membahas prinsip - prinsip moral yang terkait dengan komunikasi manusia, menekankan nilai - nilai kejujuran, intergritas, saling menghormati, dan tanggung jawab sosial dalam komunikasi. Untuk mempertimbangkan etika berkomunikasi, atau apa yang akan kita sampaikan, serta bagaimana dampaknya terhadap diri sendiri dan masyarakat. Dalam era digital sekarang ini komunikasi telah menjadi unsur yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari - hari. 

Prinsip - prinsip etika omunikasi meliputi :

1. Kejujuran adalah prinsip inti dalam etika komunikasi. Kejujuran mengharuskan kita untuk menghindari penipuan, pemalsuan, atau  penipuan dalam komunikasi kita. Kita harus berusaha untuk menyampaikan informasi dengan tulus dan terbuka, tanpa maksud menyembunyikan fakta atau memanipulasi persepsi orang lain.

2. Integritas adalah nilai yang sangat penting dalam etika komunikasi. Integritas mengharuskan kita untuk konsisten antara kata dan tindakan kita. Dalam konteks komunikasi, ini berarti menghindari penyebaran informasi yang salah atau manipulatif. Kita harus berkomunikasi dengan jujur dan meyakinkan bahwa apa yang kita sampaikan adalah benar dan akurat.

3. rasa hormat merupakan nilai yang mendasar dalam etika komunikasi. Rasa hormat mengharuskan kita untuk mendengarkan dengan penuh perhatian, menghargai pandangan orang lain, dan menghindari sikap yang merendahkan atau merendahkan orang lain dalam komunikasi. Komunikasi yang penuh dengan rasa hormat menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung pertukaran gagasan yang produktif.

Filsafat etika komunikasi mengajarkan kita tentang pentingnya integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan rasa hormat dalam komunikasi kita. Dalam dunia yang semakin terhubung dan saling tergantung, mempraktikkan prinsip-prinsip ini dapat membantu menciptakan komunikasi yang bermakna, membangun hubungan yang kuat, dan memajukan kebaikan bersama. 

Filsafat etika komunikasi dapat membantu kita dalam menyusun pola pikir kita sebagai isi pesan dari komunikasi sehingga dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana seharusnya kita berkomunikasi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline