Lihat ke Halaman Asli

Operaional Konkrit Kognitif

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Selama tahun pertengahan akhir, anak-anak menunjukkan perubahan-perubahan penting bagaimana mereka mengorganisasi dan mengingat informasi. Sebagaimana telah bahwa masa awal anak-anak, memori jangka pendek mereka telah berkembang dengan baik. Tetapi, setelah anak berusia 7 tahun tidak terlihat peningkatan yang berarti. Cara mereka memproses informasi menunjukkan keterbatsan-keterbatasan dibandingkan dengan orang deawasa. Berbeda dengan memori jangka panjang, telah peningkatan seiring dengan penambahan usia selama masa petengahan dan akhir anak-anak hal ini karena kegiatan-kegiatan individu ketika mempelajari dan mengingat informasi.

Meskipun selama periode pertengahan dan periode akhir anak-anak ini tidak terjadi peningkatan yang berarti dalam memori jangka penjang, malah menunjukkan keterbatasa-keterbatasan namun selama periode ini mereka berusah mengurangi keterbatasan-keterbatasan tersebut dengan menggunakan apa yang disebut dengan strategi memori , yaitu perilaku yang disengaja  digunakan untuk meningkatkan memori. Anak yang lebih muda mungkin mencoba menggunakan beberapa strategi, tetapi mungkin strategi-strategi itu keliru dan mereka mungkin tidak menggunakan strategi secara aktif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline