Selama tahun pertengahan akhir, anak-anak menunjukkan perubahan-perubahan penting bagaimana mereka mengorganisasi dan mengingat informasi. Sebagaimana telah bahwa masa awal anak-anak, memori jangka pendek mereka telah berkembang dengan baik. Tetapi, setelah anak berusia 7 tahun tidak terlihat peningkatan yang berarti. Cara mereka memproses informasi menunjukkan keterbatsan-keterbatasan dibandingkan dengan orang deawasa. Berbeda dengan memori jangka panjang, telah peningkatan seiring dengan penambahan usia selama masa petengahan dan akhir anak-anak hal ini karena kegiatan-kegiatan individu ketika mempelajari dan mengingat informasi.
Meskipun selama periode pertengahan dan periode akhir anak-anak ini tidak terjadi peningkatan yang berarti dalam memori jangka penjang, malah menunjukkan keterbatasa-keterbatasan namun selama periode ini mereka berusah mengurangi keterbatasan-keterbatasan tersebut dengan menggunakan apa yang disebut dengan strategi memori , yaitu perilaku yang disengaja digunakan untuk meningkatkan memori. Anak yang lebih muda mungkin mencoba menggunakan beberapa strategi, tetapi mungkin strategi-strategi itu keliru dan mereka mungkin tidak menggunakan strategi secara aktif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H