Lihat ke Halaman Asli

Operasional Fisik

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Masa pertengahan dan akhir anak-anak merupakan periode pertumbuhan fisik yang lambat dan relatif seragam sampai mulai terjadi perubahan-perubahan pubertas, kira-kira 2 tahun menjelang anak menjadi matang secara seksual, pada masa ini pertumbuhan berkembang pesat. Karena itu, masa ini sering juga disebut sebagai “periode tenang” sebelum pertumbuhan yang cepat menjelang masa remaja.

Anak pada usia 6 tahun terlihat badan anak bagian atas berkembang lebih lambat daripada bagian bawah. Anggota-anggota badan relatif masih pendek, kepala dan perut relaif masih besar. Selama masa akhir anak-anak , tinngi bertumbuh sekita 5 hingga 6%  dan berat bertambah sekitar 10%  setiap tahun. Pada masa ini anak usia 6 tahun tinggi rata-rata anak adalah 46 inci dengan berat badan 22,5 kg. kemudian pada usia 12 tahun tinggi anak mencapai 60 inci dan berat 80 hingga 40,5 kg.

Dengan terus bertambahnya berat dan kekuatan badan, maka selama masa pertengahan dan akhir kanak-kanak ini perkembangan motorik menjadi lebih halus dan lebih teroorkodinasi dibandingkan dengan awal masa kanak-kanak. Anak terlihat lebih dalam berlari dan makin pandai meloncat. Anak juga makin mampu menjaga keseimbangan badannya. Penguasaan badan, seperti membongkok, melakukan bermacam-macam latihan senam serta aktivitas olahraga  berkembang pesat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline