Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan fisik anak saat memasuki praoperasional

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

 

 

 

Pertumbuhan fisik seorang anak berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi. Namun keterampilan-keterampilan motorik halus dan kasar justru berkembang pesat. Selama masa kanak-kanak awal, tinggi mereka rata-rata betumbuh 2,5 inci dan berat bertambah antara 2,5 kg hingga 3,5 kg setiap tahunnya. Pada usia 3 tahun tinggi anak sekitar 38 inci dan beratnya sekitar 16,5 kg. pada usia 5 tahun, tinggi anak mencapai 43,6 inci dan beratnya 21,5 kg.

Di antara perkembangan fisik yang sangat penting dalam masa kanak-kanak awal ialah perkembangan otak dan sistem saraf yang berkelanjutan. Meskipun otak terus bertumbuh pada masa awal kanak-kanak, namun pertumbuhannya tidak sepesat pada masa bayi. Pada saat bayi mencapai usia 2 tahun, kuran otaknya rata-rata 75% dari otak orang dewasa, dan pada usia 5 tahun, ukuran otaknya telah mencapai sekitar 90% otak orang dewasa.

 

Pertumbuhan otak selama awal masa kanak-kanak disebabkan oleh prtamabahan jumlah dan ukuran urat saraf yang berujung didalam  dan di antaranya daerah-daerah otak. Ujung-ujung urat saraf itu terus bertambah setidak-tidaknya hingga masa remaja. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline