Lihat ke Halaman Asli

siti nurfatima

pelajar/mahasiswa

Peran Perbankan terhadap UMKM pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 11 November 2023   18:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui pada masa pandemi covid_19 yang lalu memberikan dampak terhadap semua pengusaha termasuk usaha mikro kecil dan menengah (umkm), yang dimana semua pengusaha memiliki penurunan penghasilan yang sangat drastis. Termasuk salah satu usaha yang telah kami wawancarai yaitu seorang pemilik toko pakaian yang sudah berdiri  sejak tahun 1980, beliau pun merasakan dampak dari covid-19 tersebut.  Mulai dari operasional yang mulai tidak efektif sampai penghasilan yang turun drastis pada masa tersebut.

Bank merupakan suatu tempat penyimpanan uang serta tempat penyaluran dana kepada masayarakat. Selain menjadi tempat penyimpanan uang bank juga memberikan fasilitas lain, seperti kredit, deposito, giro, pinjaman dan sebagainya. Dalam hal ini peran perbankan sangat membantu para pengusaha termasuk umkm pada masa pandemi covid 19. Yang dimana mereka memberikan bantuan pinjaman kepada para pengusaha untuk membantu memulihkan keuangan serta operasional mereka setelah masa pandemi tersebut.

Dengan suku bunga yang kecil serta jangka waktu yang cukup panjang bank mampu membantu para umkm dalam mengatasi keadaan penghasilan yang sulit karna dampak pandemi tersebut.

Bank-bank juga telah membantu meningkatkan akses umkm nya terhadap pembiayaan konvensional serta layanan keuangan yang lainnya, sehingga peran perbankan ini sangat membantu para pengusaha termasuk umkm.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline