Lihat ke Halaman Asli

Review Buku Hukum Perkawinan Islam Karya KH. Ahmad Azhar Basyir, MA

Diperbarui: 12 Maret 2023   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul : Hukum Perkawinan Islam

Penulis : KH. Ahmad Azhar Basyir, MA

Penerbit : UII Press Yogyakarta

ISBN : 979-8413-38-5

Ukuran Buku : 15,5cm x 23cm

Cetakan : 1999

Buku tulisan KH. Ahmad Azhar Basyir, MA. yang berjudul " Hukum Perkawinan Islam" yang mendeskripsikan secara lengkap tentang perkawinan islam yang terdiri dari 5 bab, yaitu pertama: kedudukan perkawinan islam di Indonesia dan berisi Al-Qur'an, sunnah, dan ijtihad. kedua: tentang perkawinan yang berisi tujuan, prinsip, dan syarat. ketiga : tentang hak dan kewajiban suami istri, keempat : putusnya perkawinan yang berisi sebab-sebab putusnya perkawinan, iddah, rujuk dan pengasuhan anak. Dan yang terakhir, buku ini membahas mengenai beberapa masalah penting yaitu masalah kedudukan anak, adopsi, nafkah dalam keluarga berencana.

Ketentuan yang diatur dalam buku ini bersumber dari hukum perkawinan yaitu Al-Qur'an, Sunnah Rosul, dan Ijtihad, serta bersumber dari Undang-undang No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan.

Tujuan perkawinan dalam Islam adalah untuk memenuhi tuntunan naluri hidup manusia yang berhubungan antara laki-laki dan perempuan untuk mewujudkan kebahagiaan keluarga sesuai ajaran Allah dan Rasul-Nya.

Perkawinan bisa bersifat wajib, sunnah, haram, makruh, ataupun mubah.

Perkawinan bisa bersifat Wajib jika orang itu mempunyai keinginan kuat untuk nikah dan punya kemampuan untuk memenuhi kewajiban.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline