Lihat ke Halaman Asli

Imas Meilani

Student of one of the universities in Bandung | Math Tutor | Public Speaker | Content Writer | 24+ Winner and Achievement

Pesona Magis Air Terjun Srigethuk: Surga Tersembunyi di Tengah Alam Yogyakarta

Diperbarui: 14 Agustus 2024   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Arsip Dokumentasi KKN Kel. 121

Padatnya aktivitas di kota membuat tubuh dan mental seseorang memerlukan asupan suasana yang tenang dan damai. Salah satunya dengan berlibur ke kawasan wisata Air Terjun Srigethuk yang bertempat di Jalan Manggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Hanya dengan estimasi waktu 12 menit menggunakan sepeda motor dari Balai Kalurahan Bleberan, pengunjung akan melalui medan jalan yang cukup baik walau di beberapa titik masih terdapat jalan yang sedikit memerlukan kehati-hatian saat melewatinya.

Tiba di gerbang awal masuk kawasan wisata, pengunjung harus membeli tiket yang disediakan oleh petugas seharga Rp. 15.000,-/orang, setelahnya pengunjung dapat memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan tanpa perlu membayar parkir. Tidak jauh dari tempat parkir, pengunjung akan dihidangkan oleh Petunjuk nama tempat bertuliskan "Air Terjun SRIGETHUK" disertai papan informasi Kawasan wisata tersebut juga terdapat wahana permainan seperti flying fox yang diadakan setiap weekend saja.

Sumber : Penulis

Sumber : Penulis

Selain dari itu, adapun fasilitas lain yang bisa digunakan oleh pengunjung ataupun warga setempat diantaranya warung-warung yang menjajajkan jajanan, makanan dan minuman bahkan aksesoris yang ramah di kantong juga terdapat toilet bersih serta tentunya mushola sebagai tempat beribadah bagi pegunjung yang beragama Islam.

Sumber : Arsip Dokumentasi KKN Kel. 121

Untuk dapat sampai di air terjun, pengunjung dapat memilih salah satu dari dua rute. Pilihan rute pertama, pengunjung dapat berjalan menyusuri pinggir sungai dengan jalan cukup nyaman untuk sekadar tracking ringan atau pilihan rute kedua, pengunjung dapat menggunakan perahu dengan mengocek harga Rp. 10.000,-/orang sudah termasuk pulang dan pergi. Dengan memilih perahu berkapasitas 14 orang ini, pengunjung akan menikmati pemandangan bukit gampling di sepanjang susur sungai secara langsung.

Sumber : Arsip Dokumentasi KKN Kel. 121

Sumber : Arsip Dokumentasi KKN Kel. 121

Sesampainya di dermaga, pengunjung akan disuguhkan air terjun dengan ketinggian 50 meter. Tak hanya itu, selain air terjun yang mempesona air juga terdapat banyak spot foto yang siap untuk ditangkap layar serta dibagikan ke kanal media sosial. Namun hati-hati untuk bermain air di arena sungai bawah, pengunjung harus menggunakan pelampung dengan sewa seharga Rp. 20.000,-/pcs untuk menjaga keselamatan diri karena kedalaman sungai yang mencapai hampir 4 meter.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline