Lihat ke Halaman Asli

Imas Masitoh

Guru SD yang baru saja selesai mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 8

Rangkuman Materi IPA Kelas 6 Tema 8 tentang Rotasi Bumi dan Akibatnya

Diperbarui: 16 Maret 2024   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dokpri 

Hallo, anak-anak hebat. Kamu tentu sudah memahami bahwa bumi yang kita tempati berbentuk bulat dan berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi matahari. Menurutmu, adakah keterkaitan perputaran bumi dengan perbedaan waktu antar wilayah di bumi? Untuk mengetahui dan memahaminya simaklah penjelasan berikut:

ROTASI BUMI

Bumi yang kita huni ini tidak diam tetapi berputar pada porosnya yang disebut rotasi bumi.  Waktu yang diperlukan bumi untuk melakukan satu kali rotasi disebut kala rotasi.  Kala rotasi bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit.

Manusia tidak dapat merasakan rotasi bumi tetapi dapat merasakan akibat dari rootasi bumi tersebut. Rotasi bumi menyebabkan timbulnya berbagai fenomena di bumi. Apa sajakah fenomena tersebut? Yuk, cekidot...

1. Terjadinya siang dan malam 

Perputaran bumi pada porosnya mengakibatkan sebagian bumi ada yang menghadap matahari dan ada yang membelakangi matahari. Bagian bumi yang menghadap matahari akan mengalami waktu siang karena mendapat cahaya dari matahari sedangkan bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu malam karena tidak mendapat cahaya dari matahari.

2.  Terjadinya gerak semu harian matahari 

Gerak semu harian matahari ialah seolah-olah matahari bergerak mengelilingi bumi. Pada pagi hari matahari tampak terbit di sebelah timur, pada siang hari matahari tampak berada di atas kepala,  dan pada sore hari matahari tampak terbenam di sebelah barat.

Sumber gambar: dokpri

3. Terjadinya Perbedaan Waktu di Berbagai Tempat di Bumi 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline