Lihat ke Halaman Asli

imas masitoh

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Sumber Daya Insani

Diperbarui: 29 Maret 2023   20:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Imas Masitoh - 201410007
Dosen Pengampu: Dr. H. Syaeful Bahri, CHCM.

Manajemen Sumber Daya Insani

Pengertian MSDM dan MSDI

Manajemen sumber daya manusia merupakan istilah modern yang secara tradisional mengarahkan kepada manajemen personalia yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan individu karyawan dan masyarakat bagaimanapun juga beberapa ahli yakin bahwa manajemen sumber daya manusia menjadi berbeda dengan manajemen personalia yang tradisional.

Sedangkan manajemen sumber daya insani didefinisikan sebagai manajemen sumber daya manusia dengan menjadikan apa yang telah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai model. Model yang memiliki karakteristik nubuwwat (prophetic) dan telah diimplementasikan lebih dari 14 abad yang lalu melalui bimbingan wahyu dari Allah SWT.

Ruang lingkup manajemen sumber daya manusia yaitu : Mendesain serta mengorganisasikan pekerjaan serta mengalokasikan kepada karyawan atau pegawai, melakukan perekrutan dan mengembangkan kemampuan karyawan secara efektif dan efisien, menciptakan lapangan kerja yang harmonis, dan mempertahankan serta menjamin efektivitas etos kerja yang tinggi.
Adapun ruang lingkup manajemen sumber daya insani yaitu: rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan karyawan serta kompensasi.

Tujuan manajemen sumber daya manusia menurut (Schuler at al) memiliki tiga tujuan yaitu: Memperbaiki tingkat produktivitas, memperbaiki kualitas kehidupan kerja, Meyakinkan bahwa organisasi telah memiliki dan memenuhi aspek legal. Sedangkan tujuan manajemen sumber daya insani yaitu meningkatkan kerjasama yang produktif kepada orang-orang di dalam perusahaan melalui sejumlah cara yang bertanggung jawab secara strategis, etis dan sosial.

Masalah-Masalah MSDI yaitu: Tidak jelasnya informasi mengenai data karyawan, menganggap remeh pelatihan SDM, gegabah atau tidak ada kehati-hatian dalam merekrut karyawan baru, pemberian job description yang tidak lengkap, dan menjanjikan hal yang tidak sesuai.

Quote of the day : "Yang kau katakan sudah kau lakukan".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline