Lihat ke Halaman Asli

imas masitoh

TERVERIFIKASI

Full time mom

Boneka di Ada Apa Dengan Cinta 2

Diperbarui: 1 Mei 2016   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Papermoon Puppet (twitter @MilesFilms)

Mira Lesmana dan Riri Riza berhasil membuat penonton terobati rasa penasarannya dengan lanjutan kisah Cinta dan Rangga di Ada Apa Dengan Cinta 2 yang sudah tayang sejak 28 April lalu. Berbeda dengan Ada Apa Dengan Cinta 14 tahun lalu, Mira Lesmana membuat film ini terasa sangat 'Indonesia' bagi saya dengan pilihan latar cerita di Yogyakarta.

Adegan-adegan diambil di lokasi-lokasi yang istimewa. Salah satunya yaitu di Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo yang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Tidak hanya itu, Mira Lesmana dan Riri Riza juga menggandeng beberapa seniman Yogyakarta untuk memperkuat cerita film ini.

Ada salah satu adegan yang membuat saya sangat terkesima yaitu dimana Rangga mengajak Cinta untuk menonton pertunjukan teater boneka. Sebenarnya kelompok teater boneka ini tidak asing bagi saya. Sudah lama saya adalah salah satu penggemar dari Papermoon Puppet Theatre ini.

pepep-5725150607b0bd560d6e550d.jpg

Secangkir Kopi di Playa (instagram @papermoonpuppet)

Berdiri pada 2 April 2006, Papermoon Puppet Theatre sudah melanglang buana ke mancanegara. Mereka sering mementaskan teater boneka di festival-festival seni di beberapa Negara. Selain itu, pendiri Papermoon, Maria Tri Sulistyani, atau dikenal dengan panggilan Mba Ria dan suaminya Iwan Effendi diminta menjadi dosen tamu di salah satu universitas di Amerika untuk mengajar teater boneka.

Khusus untuk Ada Apa Dengan Cinta 2 ini, Papermoon menampilkan karyanya 'Secangkir Kopi dari Plaja' dengan sentuhan baru. Kisah yang diangkat dari kisah nyata tentang kisah cinta yang sempat hilang, 'Secangkir Kopi dari Plaja' ini dirasa sama dengan kisah antara Cinta dan Rangga.

Tekstur wajah boneka saat pementasan diambil dari dekat yang membuat seakan boneka itu nyata. Dengan musik yang membuat 'hidup' cerita Secangkir Kopi dari Plaja ini dan tetap tanpa dialog, scene ini merupakan salah satu scene favorit saya dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 ini.

Ide Mira Lesmana dan Riri Riza untuk menggandeng beberapa seniman untuk ikut serta dalam cerita Ada apa Dengan Cinta 2 ini adalah ide yang sangat keren. Semoga sineas Indonesia lain juga mengikuti jejak Mira Lesmana dan Riri Riza ini untuk berkolaborasi untuk membuat karya yang keren dan mendunia. Dan semoga Papermoon Puppet Theatre menggelar pertunjukan lagi di Jakarta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline