Lihat ke Halaman Asli

Tim GIAT 5 UNNES Cegah Stunting Melalui Inovasi PMT di Desa Dampit

Diperbarui: 24 Agustus 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Pencegahan Stunting/dokpri

UNNES GIAT angkatan 5 adalah program yang dilaksanakan oleh mahasiswa di daerah Jawa Tengah agar mahasiswa dapat mengabdi sepenuhnya kepada masyarakat dengan slogan “bersama UNNES GIAT, membangun Indonesia dari desa”. 

Kamis, (20/7), Mahasiswa UNNES GIAT 5 di bawah naungan Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM UNNES telah melaksanakan posyandu rutin di PKD (Pusat Kesehatan Desa) Desa Dampit, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Kegiatan posyandu balita di desa Dampit dilaksanakan setiap 35 hari sekali atau setiap selapanan. Kegiatan posyandu rutin kali ini diisi oleh program inovasi dari tim GIAT 5 UNNES. Sasaran program posyandu balita ini adalah ibu dan balita. Program ini terlaksana berdasarkan observasi dalam kurun waktu satu minggu.

Selama observasi, tim GIAT 5 UNNES berusaha menelaah permasalahan yang muncul di Desa Dampit. Menurut perangkat desa, permasalahan yang belum dapat diatasi adalah penanganan stunting. Pada tahun sebelumnya tercatat lebih dari 20 anak yang terindikasi stunting. Menurut penuturan perangkat desa sebenarnya sudah dilakukan berbagai cara untuk mengatasi stunting salah satunya dengan bantuan pemberian makanan bergizi. Namun langkah tersebut masih belum efektif. 

Dari hasil observasi tersebut, tim GIAT 5 merencanakan solusi pencegahan stunting. Langkah pertama tim GIAT 5 mendatangi lokasi dan informan yang berkaitan dengan posyandu. Kami berkoordinasi dengan ibu bidan dan kader setempat agar dapat memperoleh ide, saran, dan masukan yang tepat untuk program ini. Langkah selanjutnya kami berdiskusi dengan kelompok untuk menentukan program yang tepat atasi stunting. 

Setelah mendapat informasi dan masukan dari berbagai pihak, tim GIAT 5 menyepakati program pencegahan stunting melalui inovasi PMT atau Pemberian Makanan Tambahan pada balita. Inovasi tersebut diberi nama Nasi Kuning yang merupakan singkatan dari Inovasi Kurangi Stunting. Pemberian nama program ini didasari sebagai bentuk kreatifitas nama agar mudah diingat oleh masyarakat desa dampit. Melalui nama program yang tidak asing dan unik ini mampu memberikan motivasi dan semangat bagi masyarakat agar terhindar dari stunting.

Kegiatan posyandu rutin terdiri dari cek kesehatan TB (Tinggi Badan), BB (Berat Badan), LILA (Lingkar Lengan Atas), dan LK (Lingkar Kepala). kali ini bersama tim Giat 5, posyandu rutin ditambah kegiatannya yaitu setelah cek fisik selesai diberikan sosialisasi pencegahan stunting. Sosialisasi diawali dengan pemberian brosur yang berisi informasi tentang definisi stunting, gejala, sebab, akibat, dampak, cara pencegahan stunting serta resep pembuatan PMT. Pemberi materi dilakukan oleh perwakilan tim GIAT 5 UNNES. Selama sosialisasi para ibu berkumpul dan menyimak dengan seksama walaupun diiringi dengan keriuhan balita. Berikut brosur cegah stunting.

Brosur Informasi Pencegahan Stunting/dokpri

Resep Inovasi PMT/dokpri

Kegiatan berikutnya adalah pemberian PMT secara gratis kepada setiap balita. Inovasi PMT ini adalah ide dari tim berdasarkan riset di jejaring sosial. Menurut informasi yang didapat, stunting adalah gangguan tumbuh kembang pada anak akibat kurangnya asupan gizi penyebab stunting dikarenakan kurangnya sumber protein seperti daging, ikan, dan telur. 

Masyarakat disini mayoritas mengkonsumsi sayuran daripada daging. Oleh karena itu, tim GIAT 5 mencoba menemukan inovasi makanan sehat dan bergizi serta juga mudah dibuat dan disukai oleh balita. Berdasarkan hasil penelusuran, tim GIAT 5 mencoba kreasi makanan berprotein yaitu dimsum tahu jamur. Terpilihnya makanan tersebut karena di desa dampit terdapat budidaya jamur yang melimpah sehingga warga tidak kesulitan mencari bahan-bahannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline