Lihat ke Halaman Asli

Imas Adhia Kurniawati

Mahasiswa Universitas PGRI Madiun

Es Mingini! Minuman dari Bunga Telang

Diperbarui: 28 Januari 2023   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Bunga telang kaya akan manfaat, kandungan anti oksidan dan anti depresan. Selain untuk hiasan rumah, bunga berwana ungu yang cantik ini juga bisa diolah sebagai minuman.

Olahan Es Mingini yang diracik dengan jeruk nipis yang membuat es semakin lebih segar. Selain dibuat olahan es, juga bisa dibuat menjadi minuman hangat yang disebut dengan sebutan "Jelang" yaitu singkatan dari Jeruk dan Telang.

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan kelompok usaha yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif. Gunanya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

Mahasiswa magang merdeka dari divisi Analis Sosial, Ekonomi, dan Pemerintah, membantu masyarakat untuk pembentukan KUBE PALUGADA. Palugada merupakan sebutan dari kalimat apa lu mau gue ada, sedangkan dari bahasa jawa diambil dari senjata dari patih Gajahmada yaitu "gada". Salah satu mahasiswa dari Universitas PGRI Madiun juga ikut berkontribusi dalam hal ini.

"Pembentukan KUBE Palugada sangat memberikan dampak positif bagi kami". Ujar Alya. Es Mingini terjual sebanyak 150 cup dalam dua hari. KUBE Palugada juga mengisi bazar di berbagai acara seperti Harmony Ramadhan Fest, dan Bazar Ramadhan di UNP Kediri.

Penulis : Imas Adhia Kurniawati - UNIPMA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline