Lihat ke Halaman Asli

Ibu dan Peningkatan Mutu Pendidikan

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IBU DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seiring perkembangan zaman yang sangat cepat dan modern membuat dunia pendidikan semakin penuh dengan dinamika. Di Indonesia sendiri dinamika itu tampak dari tidak henti-hentinya sejumlah masalah yang melingkupi dunia pendidikan. Merosotnya mutu pendidikan di Indonesia sangatlah begitu rendah . Namun pemerintah sudah berusah untuk mengtasi maslah-maslah tsb, namun belum dilaksankan secara langsung untuk meningkatkan mutu pendidikanya.

Beberapa penerapan pola peningkatan mutu di Indonesia telah banyak dilakukan, namun masih belum dapat secara langsung memberikan efek perbaikan mutu. Di antaranya adalah usaha peningkatan mutu dengan perubahan kurikulum dan proyek peningkatan lain; Proyek Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Proyek Perpustakaan, Dana Bantuan Langsung (DBL), Proyek, Proyek Bantuan lmbal Swadaya (BIS), Proyek Pengadaan Buku Paket, Bantuan Meningkatkan Manajemen Mutu (BOMM), Proyek Peningkatan Mutu Guru, , Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS) dan Bantuan Khusus Murid (BKM). Dengan adanya dukungan dari poyek, maka bisa kita simpulkan bahwa pemerintah telah mencoba melaksanakan untuk peningkatan mutu pendidikan yang baik. Namun, belum berhasil karena masih saja ada kurang mendukung dari para bawahanya.

Pendidikan juga merupakan hal terbesar yang selalu diutamakan oleh para orang tua khususnya Ibu. Saat ini banyak seorang Ibu yang semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak. Untuk itu Ibu memegang peranan yang tidak kalah pentingnya dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak sehingga dapat meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah.

Ibu adalah salah satunya wanita yang hebat dan selalu memberikan dukungan yang sangat begitu keras untuk para anaknya agar menjadi generasi pemimpin yang baik untuk masyarakat, ibu juga membuat saya semangat untuk meraih cita-cita. Ibu telah mengajarkan banyak hal kepada saya, mulai dari kasih sayang, mebimbing, mengarhkan dan pengorbanan yang sangat luar biasa. Ibu mengandungku, merawatku dari 0 hingga detik ini saya masih berkembang dibawah asuhan ibu. Dengan penuh pengorbanandan kasih sayang yang tulus tanpa pamrih. Ibu selalu aada di momen kesuksesan saya, ia rela berkorban untuk saya. Termasuk perkembangan otak, ibu adalah wanita malikat syurgaku sekaligus terbukanya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Ibu wanita yang amat baik, ibu yang selalu mengajarkan prilaku yang baik kepada saya. Ibu selalu memberiakn arahan kepada saya bagiamana bersikap sopan terhadap masyarakat dan ibu selalu memotivasi untuk terus belajar agar menjadi wanita yang hebat seperi ibu. Seawktu kecil ibu selalu mengajarkan saya dari membaca al-quran abjad, berhitung angka-angka, menyanyi lagu yang indah sekali dan sampai sekarang ibu selalu mendukung saya untuk terus belajar.. dan belajar  nakk agar bisa menjadi orang yang sukses dan juga bisa meningkatkan mutu pendidikan yang baik. Ibu selalu sabar selama mendidik saya untuk dan memberikan pelajaran kepada saya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang bagus. Pengorban ibu sangatlah berharga untuk saya dan sampai dewasa ini ibu selalu memotivasi saya untuk menjadi anak yang terbaik untuk keluarga dan masyarakat.

Ibu selalu mengajarkan aku menjadi anak yang mandiri, dengan kita mandiri akan berani untuk  bertindak tegas dan bisa meningkatkan mutu pendidkan yang maksimal dengan itu ibu harus bisa membagi waktu unuk anaknya agar tercapainya mutu pendidikan yang layak, Anak seharusnya diajarkan untuk rajin belajar, tidak hanya belajar saat mendapat pekerjaan rumah dari sekolah atau akan menghadapi ulangan saja, Tetpi anak Seharusnya diajarkan untuk mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru pada hari itu. Dan ibu harus bisa memberikan pengertian kapan anak-anak mempunyai waktu untuk bermain, memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak-anak. Hal ini dapat dilakukan para Ibu dengan berkomunikasi dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan anak di sekolah, memantau perkembangan kemampuan akademik anak, Orang tua diminta untuk memeriksa nilai-nilai ulangan dan tugas anak mereka, supa anak selalu terkontrol dalam belajarnya agar pembelajaran tesebut menjadi bermutu.

Jadi Pendidikan itu sangatlah penting  bagi kita semua dan sekolah juga memiliki peran yang penting untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang baik supaya siswa dapat dengan aktif mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya untuk meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah, padahal sudah merupakan kewajiban para Ibu untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap. Para Ibu harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, melihat potensi dan bakat yang ada di diri anak-anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah. Ibu diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang luhur dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah yang dapat meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah.

Maka bisa kita simpulkan bahwa peran ibu dalam peningkatan mutu pendiikan itu sangatlah penting. Dengan adanya dukungan ibu, maka akan tercapinya mutu pendidikan yang lebih baik, dan akan tercapainya mutu pendidikan yang telah di terpakn oleh pemerintah.

Sedikit Puisi Untuk Ibu

13906426891203035441

Terimakasih IBU..

Ibu...!

Aku tahu...

Semua letihmu itu tulus

Dan...akupun tahu

Bukan apa-apa yang engkau ingin

Engkau tak pernah inginkan apa-apa

Ibu...!

Dulu engkau pernah bilang

Cepatlah besar anakku !

Jadilah engkau orang besar

Yang membesarkan hati Ibu

Ibu...!

Semua hebatku

Tak kan pernah ada

Tanpa ikhlas pengorbananmu

Ibu...!

Sabdamu adalah do'a

Do'a yang nyaring terdengar

Dan pasti... didengar !

Bukan gelimang harta tuk membalas

Bukan pula, tahta dan mahkota

Sujud dan bakti jualah

Harta yang sesungguhnya!

Kasih ibu

kepada beta tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi

tak harap kembali

Bagai sang surya

menyinari dunia.

By : Dhe Magz..^




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline