Lihat ke Halaman Asli

Pantai Serang sebagai Sarana Rekreasi dan Edukasi

Diperbarui: 15 November 2023   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pantai Serang terletak di Blitar Selatan tepatnya di  Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.  Daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Pantai Serang selain rekreasi juga sebagai sarana edukasi. Edukasi yang ditawarkan oleh pantai Serang yaitu terdapat Konservasi Penyu.  

Di Pantai Serang ini terdapat dua tempat konservasi penyu yakni Konservasi Penyu Segoro Lestari dan Edukasi Konservasi Penyu. Konservasi Penyu Segoro Lestari terletak di dekat rumah warga yang terdapat di sekitar Pantai Serang, yang mana konservasi ini dikelola oleh suatu komunitas pecinta penyu. 

Sedangkan Edukasi Konservasi Penyu terletak di dekat camp ground yang terdapat di sekitar pesisir Pantai Serang, yang mana konservasi ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa. Kedua konservasi penyu tersebut didirikan sebagai upaya untuk melestarikan serta mencegah kepunahan penyu.

Wisatawan dapat berkunjung ke konservasi penyu untuk belajar mengenai pentingnya melestarikan hewan penyu agar tetap terjaga dari kepunahan. wisatawan dapat melihat telur-telur penyu hingga telur yang sudah menetas menjadi tukik. Selain itu, konservasi ini menerima donasi baik dari masyarakat setempat maupun masyarakat luar Pantai Serang agar dapat mengembangkan konservasi penyu lebih baik lagi. Sehingga diharapkan penyu-penyu tersebut dapat dilindungi dan dilestarikan

Konservasi penyu yang terdapat di Pantai Serang ini bertujuan untuk melestarikan dan juga mencegah kepunahan penyu. Dalam konservasi penyu ini telah berhasil menetaskan ratusan telur penyu menjadi tukik, yang kemudian dilepaskan ke laut ketika sudah berusia sekitar dua bulan. Para Wisatawan dan masyarakat dapat berpartisipasi pelepasan tukik ke laut. Pelepasan ini biasanya dilakukan pada waktu sore hari atau ketika matahari sudah tidak terlalu terik. 

Dengan adanya konservasi penyu di pantai Serang, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan pantai dan lautnya saja. Melainkan juga dapat belajar mengenai pelestarian penyu dan menjaganya dari kepunahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline