Lihat ke Halaman Asli

Pawai Sholawat Pertama Kali di Bajulmati

Diperbarui: 29 September 2023   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Imarotul Mahbubah

Masyarakat Dusun Bajulmati  Kec. Gedangan Kab. Malang pada hari Rabu (27/09/23) menggelar pawai sholawat dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi besar Muhammad SAW. Baru tahun ini pawai sholawat diadakan di Dusun Bajulmati. 

Masyarakat memperingati hari lahir Nabi besar Muhammad SAW agar kelak mendapatkan syafa'atnya dan untuk meningkatkan semangat berislam ditengah maraknya radikalisme. Pawai sholawat diikuti anak-anak, remaja masjid, beserta warga dusun Bajulmati. Pawai dilakukan dengan mengelilingi Dusun Bajulmati dimulai dari halaman masjid Al- Azhar menuju Balai dusun hingga berakhir di halaman masjid. Warga mengelilingi dusun dengan membawa obor serta melantukan sholawat dan berhenti di beberapa titik  untuk tetap melantukan sholawat yang diiringi dengan alat hadrah. Sehingga pawai Sholawat tidak sepi dengan lantunan berbagai macam Qosidah. Setelah tiba di masjid, dilanjutkan pembacaan Maulid Diba'i yang dipimpin oleh Remaja Masjid Al-Azhar dan anak tugasan dari Pondok Pesantren Darussa'adah. Acara dimulai dengan tampilan tarian islami oleh anak TPQ Nurul Huda. Masyarakat bersemangat melantunkan Maulid Diba'i bersama-sama.  Kemudian dilanjutkan mau'idhoh hasanah oleh Ustd. Izar dan ditutup dengan do'a. 

Kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW berjalan dengan lancar dan khidmat. Salah satu warga Bajulmati dengan inisial R berharap "mudah-mudahan pawai ini bisa menjadi budaya yang baik bagi masyarakat dusun Bajulmati" ungkapnya.

 

Penulis: Imarotul Mahbubah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline