Lihat ke Halaman Asli

Imansyah Rukka

Kemuliaan Hidup bukan hanya sekedar rutinitas namun bagaimana bisa mermanfaat bagi umat manusia dan alam semesta

Legislator DPRD Sulsel Bersama Tripika Tamalanrea Tinjau Check Poin Covid-19 di Pamanjengang

Diperbarui: 7 Mei 2020   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Legislator DPRD Sulsel, Hj. Haslinda, S.Sos tinjau kesiapan pengendalian Cek Poin Covid-19 di batas kota Tamalanrea Makassar  - Maros, Kamis(07/05/202

Dalam rangka memantau penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), anggota DPRD Sulawesi Selatan dari Fraksi PKS, maHj Haslinda, S.Sos, M.Si bersama Tripika Kecamatan Tamalanrea diantaranya Camat Tamalanrea H Kaharuddin Bakti, Kapolsek Tamalanrea Komisaris Polisi Muhammad Aris dan Danramil 1408-11/ Bky, Mayor Kavaleri Salahuddin Basir meninjau Pos Check Point Covid-19 di gerbang masuk perbatasan Tamalanrea Raya-Poros Pamanjengan  Makassar -- Maros, Kamis (07/04/2020).

Dalam peninjauan itu, Anggota DPRD Sulsel Hj. Haslinda yang didampingi Camat Tamalanrea dan Kapolsek Tamalanrea serta Danramil Biringkanaya ingin melihat secara langsung perkembangan covid-19 dilapangan bagaimana kesiapan para petugas. Kemudian mengecek kesiapan personel sekaligus memeriksa peralatan observasi Covid-19 di pos cek poin kemudian memberikan arahan terkait pelaksanaan tugas bahwa kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena fungsi pos adalah untuk penyekatan, pemeriksaan, pendataan untuk pencegahan pemudik masuk wilayah Makassar guna memutus penyebaran Covid-19.

Imansyah Rukka

Posko Check Point tersebut diisi oleh Tenaga Medis, TNI/POLRI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan para tim relawan lainnya yang siap memberikan pelayanan dan pemeriksaan di gerbang yang menjadi pintu masuk Kota Makassar.Dalam kunjungan tersebut, Anggota DPRD Sulsel Hj Haslinda mengatakan kunjungan ini adalah spesifik untuk memantau langsung bagaimana pelaksanaan penanganan covid-19 di wilayah kota Makassar. 

Kunjungan ini diharapkan Keterlibatan semua unsur bisa bekerja dengan baik dengan begitu sangat membantu dalam menangani wabah covid-19 ini yang mana Sulawesi Selatan termasuk tertinggi dan Kota Makassar adalah ibu kota Propinsi agar angka ODP dan PDP bisa terus ditekan, dan juga tingkat kesembuhan pasien positif covid-19 uga semakin tinggi artinya ke depannya Kota Makassar kami optimis bisa berangsur kondusif dari Covid-19," jelas Hj. Haslinda.

 Anggota DPRD Sulael Hj Haslinda bersama Tripika Kecamatan Tamalanrea saat penyerahan bantuan makaman dan minuman suplemen kepada petugas Cek Poin.

Sementara itu Camat Tamalanrea H Kaharuddin Bakti mengatakan penerapan PSBB di Kota Makassar khususnya di Kecamatan Tamalanrea bersama Tripika mengajak masyarakat untuk sadar bahwa covid-19 ini adalah masalah kita bersama dan saat ini kita berada diperbatasan Makassar - Maros yakni mlihat para pengendara yang mlintas baik dari Makassar ingin ke Maros dan begitu pula sebaliknya mereka memperlihatkan kepatuhannya saat dilakukan pemerksaan yakni suhu tubuhnya, mengingatkan untuk menggunakan masker dan pengendara yang berboncengan untuk tetap mematuhi aturan PSBB.

Camat Tamalanrea H. Kaharuddin Bakti

Camat Tamalanrea H. Kaharuddin Bakti juga sempat menyinggung soal sembako bagi warga bahwa sesuai koordinasi dengan pihak Dinas Sosial yang mana saat ini pihaknya sedang merapungkan data warga dan terus melakukan koordinasi dengan teman-teman di Pendamping Sosial Kecamatan mengenai data warga penerima bantuan sembako di lapangan juga tak lupa melakukan koordinasi bersama Lurah, RT dan RW perihal warganya yang terdampak covid-19.

Sementara itu Kapolsek Tamalanrea, Komisaris Polisi Muhammad Aris menjelaskan, kegiatan peninjauan Pos Check Point Covid-19 yang ada di daerah perbatasan Tamalanrea.Kota Makassar -- Moncongloe Kabupaten Maros yang dimulai sejak 24 April lalu hingga hari ini 7 Mei 2020 berjalan dengan lancar dan pihaknya sangat antusias merupakan langkah bersama yakni gabungan dai Tripika Kecamatan, TNI Polri dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona,"ucapnya.

Kapolsek Tamalanrea, Kompol Muhammad Aris

"Antusias masyarakat yang melintas di posko cek poin tamalanrea ini sangat mendukung dalam pelaksanaan PSBB karena semakin banyak yang mematuhi aturan PSBB ini,: Jelas Kapolsek.Danramil 1408-11/ Biringkanaya, Mayor Kavaleri Salahuddin Basir mengatakan sejak permberlakuan PSBB sejak hari pertama hingga saat ini secara persuasif kita tingkatkan kesadaran warga dalam mematuhi kebijakan PSBB.

Harapan saya kepada seluruh komponen masyarakat ikut terlibat dalam aturan PSBB ini dan masyarakat harus tinggal dirumah jika tidak ada urusan penting. Hal ini sebagai cara untuk memutus mata rantai penularan covid 19, agar wilayah Kota Makassar menjadi aman dari wabah covid 19," pungkas Mayor Kavaleri Salahuddin Basir.

Danramil 1408-11/Bky, Mayor Kav Salahuddin Basir

Diakhir kunjugan tersebut, Legislator DPRD Sulsel dari PKS  Hj Haslnda tersebut juga memberikan bantuan logistik berupa makan dan minumam suplemen tambahan kepada para personil yang bertugas di pos cek poin perbatasan Tamalanrea Makassar - Moncongloe Kabupaten Maros.Penyerahan bantuan logistik tersebut diterima langsung oleh Tripika Kecamatan Tamalanrea yakni Camat Tamalanrea H. Kaharuddin Bakti,  Kapolsek Tamalanrea Kompol Muhammad Aris, dan Danramil 1408-11/ Biringkanaya, Mayor Kavaleri Salahuddin Basir.

Posko Cek Poin Simpang Lima Bandara Int Sultan Hasanuddin

Sementara itu ditempat terpisah, Anggota DPRD Sulsel Hj. Haslinda juga melakukan pantauan ke cek poin di simpang lima Bandara Internasional Sultan Hasanuddin teparnya di posko batas kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Hj. Haslinda Legislator DPRD Sulsel saat tinjau Posko Cek Poin Batas Kota Simpang Lima Bandar Sulhas, Kamis (07/05/2020).

Leguslator PKS Ini didampingi Camat Biringkanaya yang diwakili oleh Sekcam Biringkanaya Andi Patiroi dan Kapolsek Biringkanaya yang diwakili oleh Tim Pengendali Lapangan Iptu Polisi Harisaserta Danramil 11/ Biringkanaya Mayor Kavaleri Salahuddin Basir.
Kunjungan ke Posko Cek Poin Simpang Lima Bandara Sultan Hasanuddin sekaligus juga melihat secara langsung kesiapan para petugas gabungan dari berbagai unsur. 

Bagaimana kesiapan para  personel yang bertugas memeriksa peralatan observasi Covid-19 di pos cek poin kemudian memberikan arahan terkait pelaksanaan tugas bahwa kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena fungsi pos adalah untuk penyekatan, pemeriksaan, pendataan untuk pencegahan pemudik masuk wilayah Makassar guna memutus penyebaran Covid-19.

Legislator DPRD Sulsel, Hj Haslinda memberikan bantuan makanan dan minuman suplemen kepada Sekcam Biringkanaya, Andi Patiroi

Menurur Sekertaris Kecamatan Biringkanaya Andi Patiroi yang Dibeberkan, di Posko Batas Kota ini dipicu masih banyaknya pengemudi yang 'ngeyel' tidak mematuhi aturan PSBB. Selain itu, juga dikarenakan aturan PSBB yang akan diperluas di wilayah kota penyanggah Seperti Kabupaten Maros.Andi Patiroi pun mengakui, meski masih ditemukannya pelanggaran oleh pengemudi, namun tingkat kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan PSBB semakin meningkat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline