Lihat ke Halaman Asli

SERIKAT PERS

Media Publik Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sulawesi Selatan

Tim Siaga Patroli Subuh Koramil 1408-05/Mariso Amankan 3 Remaja dan Gagalkan Aksi Tawuran Kelompok di Makassar

Diperbarui: 8 April 2022   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siaga Patroli Subuh Koramil 05/Mamajang mengamankan sejumlah remaja dibawah umur yang diduga melakukan aksi tawuran kelompok di Mariso, Kota Makassar,

Tim Patroli Koramil 05/Mamajang mengamankan sejumlah anak remaja dibawah umur dengan membawa tas dan benda tajam berupa Tombak dan pisau dapur di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Diduga para remaja tersebut yang tergolong masih dibawah umur akan melancarkan aksi tawuran di tengah berjalannya ibadah puasa Ramadhan 2022. Pengamanan tersebut dilakukan Koramil 05/Mariso secara rutin selama bulan Ramadhan.

Berikut sejumlah remaja yang masih berstatus pelajar yang sempat diamankan di Markas Koramil 05/Mariso tersebut yakni : Ilham (11), Adit (13), Akel (10), Alif (12) yang rata-rata berdomisili di wilayah kecamatan Mariso Kota Makassar.

Danramil 1408-05/Mariso Mayor Inf Yulius saat dikonfirmasi Kompasiana melalui whatsappnya siang tadi membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan bahwa 3 personil Siaga Patroli Subuh Koramil 1408-05/Mariso yang dipimpin Serka Zulkifly melaksanakan kegiatan patroli wilayah dan menemukan sejumlah anak remaja dibawah umur membawa tas dan beberapa benda tajam berupa Tombak dan pisau dapur.

Sejumlah Barang Bukti yakni Tas, 2 buah Tombak dan 1 buah pisau dapur yang diduga akan melakukan perang kelompok di Mariso, Makassar 

"Personil kami sedang patroli wilayah mendapati sekelompok remaja tersebut diduga akan melakukan tawuran kelompok dengan sejumlah barang bukti yang dibawa yakni tombak dan pisau dapur," ujar Danramil 05/Mariso Mayor Inf Yulius, Jumat (8/4/2022).

Keempat remaja tersebut lalu dibawa ke Makoramil 05/Mariso untuk dilakukan pemeriksaan dan pembinaan lebih lanjut. Kemudian aparat Koramil mengantar mereka ke rumah masing-masing untuk bertemu langsung orang tuanya, selanjutnya untuk diberikan pemahaman dan pembinaan lebih lanjut kepada anak mereka tentang dampak dan bahaya dari aksi tawuran perang kelompok.

Terkait kejadian tersebut, Danramil menjelaskan bahwa terjadinya kenakalan remaja di bulan suci Ramadhan yang cenderung meningkat karena faktor pengawasan dari orangtua terhadap anaknya yang tidak terkontrol sehingga anak-anak mudah terpengaruh bergaul bebas dan biasanya terjadi gesekan antar pemuda dan terjadilah aksi tawuran kelompok dan aksi kejahatan lainnya.

"Sebagai Danramil mewakili Tripika Kecamatan Mariso mengajak kepada seluruh Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda dan para pemangku kepetingan lain untuk selalu memberikan pembinaan yang positif terhadap anak-anak kita khususnya di Bulan Suci Ramadhan ini dan agar pelanggaran hukum, konflik, tawuran dan sebagainya bisa dihindari," tuturnya.

Mayor Yulius memastikan pihaknya terus melakukan operasi atau patroli di Bulan Ramadhan ini untuk mengantisipasi aksi-aksi tawuran antar kelompok, termasuk aksi balap liar dan aksi kejahatan lainnya yang berpotensi kerap terjadi meski di bulan suci ramadhan.

"Kegiatan patroli Koramil 05/Mariso hingga menjelang sahur pada bulan suci Ramadhan untuk mengantisipasi aksi-aksi kenakalan reamaja yakni tawuran antar kelompok, kejahatan jalanan atau balapan liar," jelasnya.

Tim Patmor Gabungan Kembali Mengamankan 4 Remaja

Sementara itu Patroli Gabungan di Bulan Ramadhan yang terdiri dari, Siaga Patroli subuh Koramil 05/Mariso, Tim Opsnal Polsek Mariso, Tim Patmor Gabungan dari Brimob, Patmor Polda, Patmor Polrestabes Makassar dan Patmor Garnisun TNI AD mengamankan sejumlah remaja yang diduga melakukan tawuran kelompok, para remaja tersebut antara lain Viqram (24), Yuslan (19), Yulfan (18), Tegar (18) yang mana diduga melakukan pengeroyokan terhadap seorang remaja inisial AG (19) yang melakukan tawuran kelompok di depan Kompleks PU, Kelurahan  Mariso, Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline