Lihat ke Halaman Asli

Peranan Soft Skills bagi Mahasiswa ( Mengarungi Persaingan Global Dunia Kerja dan Usaha).

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di kalangan perguruan tinggi dunia terjadi pergeseran wacana dan orientasi dari universitas berbasis riset menjadi enterpreneur university atau universitas berbasis kewirausahaan.
-- Arief Kusuma@Kompas.com

Soft Skills atau disebut juga Kematangan Berpikir sangat dibutuhkan dalam memenangkan persaingan global pada dunia kerja dan usaha. Hal yang ditampilkan di atas, diungkapkan oleh Dr. Ir. Arief Kusuma, A.P., MBA. yang merupakan rektor Universitas Esa Unggul.

Dalam tulisan ini saya ingin menekankan bagaimana Soft Skills lebih dibutuhkan daripada Hard Skills pada kehidupan nyata. Dalam topik kompas.com, Arief Kusuma berpendapat, bahwa "Sehebat-hebatnya hard skills, mahasiswa tidak akan hanya butuh itu. Mereka butuh kematangan berpikir dan itu kami kembangkan lewat potensi soft skills mereka. Dunia kerja dan dunia usaha itu membutuhkan soft skills, tak cukup prestasi di perkuliahan" . Di sini dapat kita cerna, sesungguhnya Hard Skills berupa besaran prestasi yang ditunjukkan dengan angka-angka tidak akan mampu berbuat apa-apa jika seorang mahasiswa tidak memiliki kematangan berfikir yang logis, kritis, kreatif dan inovatif.

Selaku mahasiswa yang merupakan tumpuan masa depan negeri ini dalam memenangkan persaingan global pada dunia kerja dan usaha hendaknya membekali diri dengan kematangan berfikir (Soft Skills).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline