Lihat ke Halaman Asli

Hari Pertama Bersama Office 365 dalam Pelatihan Online Guru

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Microsoft office adalah program yang sangat familiar dan populer digunakan oleh guru. Berbagai versi dan edisi telah dirilis, tetapi ada hal yang berbeda dengan office yang dirilis terakhir, yakni office 365. Pada versi ini program office disediakan secara online. Versi office ini dapat digunakan apabila seseorang telah memiliki akun yang terafiliasi dengan microsoft.

Terkait dengan akun yang saya miliki, akun ini saya dapatkan dari pelatihan online guru yang diselenggarakan oleh IWIE Academy. Berdasarkan eksplorasi awal, pemilik akun diberikan beberapa fasilitas, meliputi : email berbasis outlook, kalender, jaringan pertemanan, tugas/agenda, onedrive (cluod berbasis internet) dan situs.

Dari kesekian fasilitas yang diberikan program office akan dapat digunakan saat pengguna mengakses onedrive, melalui bagian ini pengguna dapat melakukan pengetikan menggunakan word, buku kerja dengan excel, presentasi dengan power point, buku catatan melalui one note, serta melakukan survei dengan menggunakan excel survey . Kesemua fasilitas office ini merupakan program yang paling banyak dibutuhkan dari kesekian program office yang dikembangkan oleh microsoft. Adanya sistem penggunaan online, memberikan keleluasaan bagi pada pengguna office yang tidak dapat/mampu memiliki program office dengan lisensi (membeli programnya).

One drive dalam hal ini selaku drive cloud memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis dokumen yang dibuat, ataupun mengupload dokumen yang  telah dibuat pada perangkat masing-masing, bahkan melakukan sinkronisasi data dengan perangkat yang digunakan.

Berkaitan dengan fasilitas situs yang bisa digunakan pemilik akun, fasilitas ini dapat digunakan seperti blog pribadi, maupun blog yang dibatasi. Pembatasan yang dimaksudkan adalah siapa saja blog tersebut dapat diakses. Mungkin baru ini yang dapat saya bagikan sebagai pengalaman awal bereksplorasi dengan office 365. Pelatihan baru saja dimulai, dan saya yakin masih banyak yang dapat dieksplorasi dari office ini, berkaitan dengan profesi  guru yang sekarang saya geluti, terutama apakah dimungkinkan untuk memaksimalkan excel online untuk mempermudah/mempercepat pemrosesan penilaian dalam kurikulum 2013.

Mmmm ...... semoga dalam eksplorasi selanjutnya harapan dan pertanyaan saya bisa terjawab dan tersolusikan. Tetap semangat ... dan semoga bermanfaat !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline