Lihat ke Halaman Asli

Imam Thoib

Blogger

8 Makanan Khas Tegal Terpopuler yang Wajib Anda Coba

Diperbarui: 12 Mei 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Makanan khas daerah memiliki keunikan tersendiri yang tak bisa ditemukan di tempat lain, salah satu yang wajib Anda coba adalah makanan khas Tegal yang terkenal dengan rasa gurih dan lezat. Tegal, sebuah kota kecil di pesisir utara Jawa Tengah, menyimpan kekayaan kuliner yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Terkenal dengan makanan khasnya yang menggugah selera dengan resep turun-temurun, kota ini memiliki berbagai macam hidangan yang sangat lezat dan unik. Dari sate blengong hingga nasi ponggol, berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa makanan khas Tegal terpopuler yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini.


Berikut ini adalah beberapa menu kuliner khas Tegal yang wajib Anda coba jika berkunjung ke daerah ini karena rasanya yang terkenal lezat.


1. Glotak
Jika Anda berkunjung ke Tegal, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi Glotak. Terbuat dari gembus atau oncom dengan bumbu-bumbu khas, menu makanan bernama Glotak memiliki cita rasa yang sempurna. Biasanya menu kuliner ini akan disajikan dengan disiram kaldu ayam atau sapi, dengan taburan bawang goreng dan cabe rawit, serta krupuk antor untuk menambah rasa dan kenikmatan nya. Anda dapat menemukan kuliner ini pada pedagang kaki lima di sekitar alun-alun Kota Tegal, dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp3.000 sampai Rp5.000 per porsi.


2. Nasi Ponggol
Salah satu menu kuliner khas Tegal yang patut dicoba selanjutnya adalah Nasi Ponggol, yang dibungkus dengan daun pisang yang khas. Meskipun isinya sama dengan nasi bungkus biasa, namun bungkus daun pisang memberikan sensasi kenikmatan yang berbeda. Biasanya, Nasi Ponggol disajikan dalam porsi kecil untuk sarapan dan disertai dengan oseng mie, sambal teri, kering tempe, dan sambal pedas. Anda bisa menikmati Nasi Ponggol ini di pasar-pasar tradisional di Tegal atau di sepanjang jalur menuju alun-alun Kota Tegal saat pagi hari.


3. Sate Blengong
Makanan khas Tegal selanjutnya yang wajib Anda coba adalah Sate Blengong yang merupakan hidangan khas Tegal yang sangat direkomendasikan. Jika Anda ingin menikmati Sate Blengong, pastikan untuk memesan Kupat Glabed juga sebagai pendamping agar pengalaman kuliner Anda di kota ini semakin istimewa. Sate Blengong terbuat ini terbuat dari daging hasil persilangan antara itik dan bebek sehingga cita rasanya unik dan khas, apalagi dibumbui dengan olesan gurih dan pedas yang menggugah selera. Anda bisa mencicipi Sate Blengong ini di Warung Kupat Blengong Mas Nanang di Jalan Sawo Barat.


4. Kupat Glabed
Kupat Glabed adalah makanan khas Tegal dan tidak ditemukan di tempat lain. Jika Anda pergi ke Tegal, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan Kupat Glabed yang terbuat dari kupat, yaitu nasi yang dibungkus daun kelapa, kemudian dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan kuah glabed yang terbuat dari santan dan tepung maizena yang diberi rempah kunyit. Untuk menambah citarasa, Anda bisa menyantap Kupat Glabed dengan kerupuk keriting dan memilih lauk sesuai selera seperti sate-satean. Untuk mencicipi kuliner ini Anda bisa menemukannya di sekitar alun-alun Kota Tegal dengan harga mulai Rp8.000 per porsi, namun belum termasuk harga lauk yang Anda pilih.


5. Nasi Lengko
Meskipun asal-usul Nasi Lengko adalah dari Cirebon, makanan ini juga sangat terkenal dan disukai di Tegal, sehingga banyak yang mengira bahwa makanan ini berasal dari kota tersebut. Namun yang lebih penting, makanan ini sangat lezat dan layak dicoba. Nasi Lengko terdiri dari nasi, tahu, tempe, tauge, dan mentimun yang dilumuri dengan saus kacang kental dan disajikan dengan kerupuk kuning. Yang membuat makanan ini khas adalah saus kacang yang kental dan pedas. Nasi Lengko biasanya dimakan sebagai sarapan karena porsinya kecil tetapi lezat, menggugah selera, dan wajib Anda coba tentunya.


6. Es Lontrong
Selain makanan khas Tegal yang cukup berat seperti yang sebelumnya, Es Lontrong juga merupakan menu kuliner khas Tegal yang terkenal dan legendaris karena kelezatannya. Terbuat dari campuran air gula, santan, kacang hijau, cincau, dan es serut, minuman ini sangat cocok untuk dinikmati di cuaca panas. Dengan harga sekitar Rp5.000 per gelas, Es Lontrong dapat ditemukan hampir di seluruh Kota Tegal, jadi Anda dapat memilih tempat yang cocok untuk menikmati minuman ini. Es Lontrong adalah minuman tradisional yang dapat menemani istirahat siang Anda setelah menjelajahi Kota Tegal.


7. Kacang Bogares
Kacang Bogares merupakan salah satu camilan khas Tegal yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Dikemas dengan apik, camilan khas Tegal ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga karena awet disimpan. Tersebar di berbagai penjuru Kota, pusat oleh-oleh khas Tegal adalah tempat di mana Anda bisa menemukan camilan ini. Kacang Bogares, yang sering dijadikan camilan sehari-hari warga Tegal dan juga disajikan kepada tamu, memiliki kombinasi rasa gurih, renyah, manis, dan asin. Anda bisa menemukan varian terenak dan terlezat di sekitar alun-alun kota dengan harga sekitar Rp49.000 per 500 gram.


8.  Tahu Aci
Tahu Aci adalah salah satu oleh-oleh khas Tegal yang terkenal, selain Kacang Bogares. Dibandingkan dengan tahu biasa, tahu aci memiliki bentuk yang lebih besar karena diisi dengan adonan aci dan daun kucai. Untuk mendapatkan tahu aci asli, disarankan untuk berkunjung ke daerah Slawi. Jika ingin membeli tahu aci sebagai oleh-oleh, lebih baik membeli yang mentah agar bisa tahan lebih lama. Tahu aci merupakan camilan yang unik dan cocok untuk dinikmati sebagai cemilan di waktu senggang atau sebagai oleh-oleh bagi teman dan keluarga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline