Lihat ke Halaman Asli

U-19 Jika Ingin Lolos, Jangan Kalah dari Korsel

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Judul tulisan saya ini, menyiratkan anggapan banyak fihak yang apa karena kelewat optimis (euforia) jika Timnas kita U-19 akan mampu menundukkan Korsel. Atau sebaliknya karena menganggap Korsel adalah momok, sehingga asal jangan kalah dari Korsel, maka Timnas kita akan bisa melaju ke 16 Besar di Myanmar 2014 (Piala Asia U-19). Keduanya benar ! Karena kalau Evan Dimas dkk kalah, maka mereka akan gagal melaju sekalipun tetap diposisi sbg Runer Up Grup G. Akan beda hasilnya, jika kita (misalnya) petang nanti berhasil menahan seri Korsel, juga tetap di posisi Runer Up tapi msh menjaga peluang lolos (termasuk 6 runer up terbaik) utk melengkapi 16 tim di Myanmar 2014.

Simpulan saya lewat judul di atas, justru menyiratkan kekhawatiran setelah menyaksikan latihan terakhir timnas U-19 kemarin di Lap C, ditambah pernyataan singkat coach Indra dlm teleconference di tv one pagi tadi yg isinya 'menang lawan Korsel kenapa takut' ? Dlm latihan terakhir kmrin, tampak coach Indra merancang skema 4-3-3 dg 1-2 sentuhan full ofensif. Meski ini positif, namun selama ini kreatifitas pemain dlm membongkar pertahanan ketat lawan tdk muncul. (contoh paling update ketika lwn Filipina). Pdhal Korse bagus dlm melakukan counter, dg bola panjang akurat, kadang disisipi 1-2 sentuhan pendek dan cepat. Menurut hemat saya, boleh kita fokus dlm penyerangan, tapi juga hrs balance dg pertahanannya. Maka masa 'transisi' dari menyerang ke bertahan hrs dilakukan dg cepat. Misalnya, langsung merebut kembali bola yg dikuasai lawan sedini mungkin. Peran ini hrs mampu diperagakan oleh pemain di posisi penyerang.

Patut juga diwaspadai kecerdasan pemain Korsel dlm memanfaatkan lebar lapangan yg diakhiri bola2 crossing ke tiang jauh. Ini juga hrs dpt diperankan oleh kedua wing kita yg ofensif (Ihamudin Armayn di kiri, Maldini di kanan), termasuk Penjaga Gawang Ravi dlm mengantisipasi bola2 atas.

Satu hal yg msh saya khawatirkan, soal mental. Bagaimana jika kita ketinggalan gol lebih dahulu ?? Nafsu utk membalas pasti makin tinggi, namun sekali lagi hendaknya dlm 'transisi' hrs dilakukan dg cepat.

Maka harapan saya, asal jangan kalah dari Korsel, Timnas U-19 'masih bisa' dan 'pasti' lolos.
Masih bisa lolos krn menduduki runer up (dg hsl Seri). Pasti lolos krn menduduki Juara grup (kalau menang)

So, jika ingin lolos, Jangan Kalah dari Korsel !!

Selamat Berjuang anak2 muda !!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline