Lihat ke Halaman Asli

Imam Rachmawan

Journalist

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Momen Paling Istimewa dalam Islam

Diperbarui: 13 September 2024   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilsutrasi meraih keutamaan Maulid Nabi. (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Keutamaan Maulid Nabi tidak hanya sebatas merayakan hari kelahiran Rasulullah SAW, namun lebih dari itu, peringatan ini menjadi momentum untuk memperkuat iman dan meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW. Di Indonesia, Maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabiul Awal yang tahun ini akan jatuh pada Senin, 16 September 2024.

Mengutip dari situs resmi NU Online, Sayyid Muhammad al-Maliki dalam kitab Syarh Maulid ad-Diba'i mengatakan, setidaknya ada beberapa alasan mengapa umat Muslim harus merayakan Maulid Nabi. Salah satunya yaitu sebagai bentuk wujud rasa bahagia dan syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang pasti bermanfaat di dunia dan akhirat.

Abu Lahab, seorang yang membenci dakwah Nabi saja, diringankan siksanya di neraka setiap hari Senin. Hal itu karena Abu Lahab bergembira pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Diceritakan oleh Al-Abbas, paman Nabi, bermimpi melihatnya memakai pakaian putih dan dia bertanya tentang keadaannya.

"Bagaimana keadaanmu (Abu Lahab)?" tanya Al-Abbas.

Kemudian dalam mimpi itu Abu Lahab menjawab, "Saya seperti yang engkau lihat. Tersiksa. Tapi setiap hari Senin Allah meringankan siksa-Nya kepadaku karena aku bergembira dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW." (HR Bukhari)

Ilustrasi umat Muslim meraih keutamaan Maulid Nabi. (Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja keutamaan Maulid Nabi bagi yang merayakannya. Yuk! Simak informasi lengkap di bawah ini.

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Masih dilansir dari situs yang sama, berikut beberapa dalil yang menjelaskan tentang keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW:

1. Masuk dalam Golongan Mukminin

Orang yang merayakan Maulid kelak akan dikumpulkan dengan para syuhada dan orang yang shalih di akhirat. Penjelasan ini dikatakan oleh Imam Yafi'i, sebagaimana dinukil dalam kitab I'anatut Thalibin, juz III halaman 365, bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala yang besar, bahkan bisa sampai ke surga.

Artinya; Imam Yafi'i berkata, "Orang yang mengumpulkan saudara-saudara untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, menyediakan makanan, menyediakan tempat, melakukan kebaikan, dan menjadi sebab dibacanya Maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat bersama orang-orang yang shalih dan berada di surga."

2. Amalan Berpahala Surga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline