Lihat ke Halaman Asli

NGANDROID: Apa Sih Android Itu?

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13504512712047582578

Suatu hari Saya pernah mengobrol asyik menggelitik dengan teman sekelas di kampus. Dia menyindir sebuah “mainan” baru berupa smartphone Android yang Saya bawa. “hemhemm..baru tuh”, sindirnya. “hehehe..” cukup Saya jawab dengan tertawa kecil. Mulai dari sini, terjadilah obrolan panjang membahas tentang Android.

Tiba-tiba saja, ditengah obrolan yang semakin menggelitik itu, datang seorang teman ikut menyimak obrolan. Sejenak setelah dia mendengarkan, dengan begitu polosnya dia mencuap, “ehehh..Andorid itu apa sih?..merek HP baru ya?”.

Waduhhh!!!, Gubrakkkkk!!! Yah, meski Android belum merambah seperti BlackBerry, tapi please deh jangan terlalu gaptek ya teman-teman, he. Oke deh, langsung saja mari kita bahas sebenarnya apa sih Android itu?

[caption id="attachment_211713" align="aligncenter" width="300" caption="Logo dan ikon Android"][/caption]

Android itu sebuah Operating System (OS) atau Sistem Operasi berbasis Linux yang diciptakan untuk telepon seluler. Jika diibaratkan pada komputer, itu seperti OS Windows atau Macintosh. Begitulah definisi mudahnya teman-teman.

Awalnya Android dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Android Inc. pendatang baru pembuat piranti lunak telepon seluler. Namun pada tahun 2005 diakusisi oleh perusahaan raksasa search engine Google Inc. Android bersifat open source lho, karena Android kan masih berbasis Linux, maka aplikasi Android terbuka bisa digunakan dan dikembangkan oleh siapa saja.

[caption id="attachment_211715" align="aligncenter" width="300" caption="HTC Dream, handphone Android pertama"]

1350451442162657803

[/caption]

Perilisan Android pertama kali dilakukan pada 5 November 2007. Sedangkan telepon seluler pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Seperti apa ya bentuknya? Seiring waktu berjalan, hingga penghujung tahun 2009, terkabarkan di dunia ini paling tidak sudah ada 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android. Dan syahdan!, sungguh sangat mengejutkan, perkembangannya sampai saat ini sudah tidak terhitung lagi berapa telepon seluleryang bersistem Android.

Si Robot Hijau adalah julukan akrab untuk Android dari Androiders – panggilan untuk para penggemar dan pemakai Android. Julukan Robot Hijau itu diambil dari icon Android yang berbentuk robot imut berwarna hijau. Nah, jadi..teman-teman, Android itu bukan merek HP ya..he.

Banyak sistem operasi untuk telepon seluler lain seperti Sybian, iPhone, Windows Mobile, Java, Linux Mobile (LiMo), dan BalckBerry. Namun Sistem operasi Android ini sungguh sangat spesial, berbeda daripada yang lainnya. Beberapa alasan yang membuat Android sangat spesial adalah antara lain, Android merupakan sistem operasi dengan platform terbuka karena berbasis Linux dan open source, didesain untuk koneksi internet maksimal, memiliki manajemen aplikasi otomatis, kualitas gambar dan suara yang baik, dan memiliki fleksibilitas pada berbagai macam hardware.

Teman-teman, artikel ini merupakan bagain dari pembahasan buku berjudul NGANDROID: Hidup Menjadi Mudah dan Menyenangkan dengan Android. Buku kedua Saya yang baru saja terbit awal bulan Oktober 2012 ini, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

13504517131201016275

Buku NGANDROID membahas aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan menyelesaikan keperluan sehari-hari, mulai dari keperluan kesehatan, pembayaran, transportasi, berjejaring soisal, berkomunikasi, belajar agama, dan lainnya. Dalam buku ini juga terdapat daftar game-game asyik menggelitik Android dan daftar forum-forum Android yang banyak dikunjungi. Tidak lupa untuk memudahkan mengoperasikan Android,disertakan pula tip-tip dasar menggunakan Android. Buku tersedia di Gramedia dan toko buku lainnya se-Indonesia.

Referensi tulisan ini:

Burnette, ED. 2008. Hello, Android. Texas: The Pragmatic Bookshelf.

Chen, Jason. 2008. An Introductioan to Android. Developer Advocate Google I/O.

Experts, Android Community. 2011. Android Cookbook. United States of America: O’Reilly Media, Inc.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline